Cara Roy Suryo buktikan tak ambil barang negara

Kamis, 4 Oktober 2018 06:35 Reporter : Syifa Hanifah
Cara Roy Suryo buktikan tak ambil barang negara Roy Suryo. ©kapanlagi.com

Merdeka.com - Perseteruan pihak mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait polemik barang milik negara belum dikembalikan semasa politikus Demokrat itu menjabat terus belum berakhir. Jika ditotal, nilai barang tersebut mencapai Rp 9 miliar.

Tidak terima dituduh belum mengembalikan aset negara tersebut, politikus Demokrat ini melayangkan somasi terhadap terhadap Kemenpora. Berikut ini cara Roy Suryo membuktikan tak mengambil aset negara, Kamis (4/10):

1 dari 4 halaman

Merasa difitnah

Roy Suryo di kediaman SBY. ©2018 Merdeka.com

Roy Suryo membantah belum mengembalikan 3.226 aset negara selama menjadi Menpora seperti surat dilayangkan Kemenpora. Namun, politikus Partai Demokrat ini menduga surat dikirimkan Kemenpora kepadanya itu merupakan fitnah di tengah tahun politik.

"Terhadap aset BMN Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan masih saya bawa ? Padahal tidak sama sekali," kata Roy Suryo dalam pesan singkat kepada merdeka.com, Selasa (4/9) malam.

"Saya duga dengan keras bahwa ini adalah fitnah untuk menjatuhkan martabat dan nama baik saya di tahun politik ini," kata Roy.

2 dari 4 halaman

Sudah kembalikan aset negara

Roy Suryo. ©kapanlagi.com

Penasihat kuasa hukum Roy Suryo, M. Tigor P. Simatupang mengatakan aset yang dituduhkan kepada kliennya telah dikembalikan ke Kemenpora pada 2014 silam atau persis setelah politikus Partai Demokrat itu tak menjabat Menpora. Menurut dia, barang yang selama ini disebut Kemenpora belum dikembalikan dikirim tanpa sepengetahuan kliennya.

"Aset itu sudah dipulangin semua. Tahun 2014 pas Pak Roy sudah enggak jadi menteri. Pada saat Pak Roy pergi ke luar negeri itu barang dikirimkan dari kehendak Kemenpora sendiri ke rumah di Yogyakarta. Setelah sebulan pengiriman itu Pak Roy pulang dari luar negeri kaget barang dari mana menumpuk sampai mobil sulit diparkir. Pak Roy pun meminta semua barang itu dikembalikan," ujar Tigor.

3 dari 4 halaman

Kemenpora dinilai tak punya bukti

Roy Suryo di kediaman SBY. ©2018 Merdeka.com

Roy Suryo akhirnya melayangkan somasi ke Kemenpora, setelah pihaknya menilai tuduhan Kemenpora terkait belum mengembalikan barang milik negara itu tak mempunyai bukti.

"Kemenpora tidak punya bukti yang jelas hanya menuduh. Hari ini kami akan melayangkan somasi Roy Suryo kepada Kemenpora," kata kuasa hukum Roy Suryo, Tigor Simatupang saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (3/10).

4 dari 4 halaman

Ditanggapi santai Menpora Imam Nahrawi

Menpora silaturahmi dengan suporter. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Somasi dilayangkan pihak Roy Suryo itu ditanggapi santai Menpora Imam Nahrawi. Imam mengatakan, masih menunggu itikad baik Roy Suryo mengembalikan barang digunakannya selama menjabat Menpora.

"Bukan ngembalikan barang? Kita tunggu aja pengambilan barangnya," kata Imam, usai ditemui saat memimpin apel Asian Para Games Ke III Tahun 2018 di Mapolda Metro Jaya, Rabu (3/10). [has]

Baca juga:
Roy Suryo somasi Kemenpora terkait kisruh pengembalian aset negara
Roy Suryo soal aset Kemenpora: Gusti Allah tidak tidur
PKB serahkan nasib Roy Suryo yang bermasalah dengan Kemenpora ke MKD
Tak kembalikan aset Kemenpora, Roy Suryo dipolisikan
Kisruh aset Kemenpora, Roy Suryo nonaktif dari Waketum Demokrat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini