Hot Issue

Cara Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Kamis, 17 Desember 2020 10:15 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Cara Dapat Vaksin Covid-19 Gratis Rusia Suntik Vaksin Sputnik V untuk Warganya yang Beresiko Terkena Covid-19. ©2020 AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyatakan vaksin Covid-19 gratis. Pemerintah menargetkan, 70 persen warga divaksin Corona atau angka minimal terjadinya herd imunity.

Salah satu kriteria orang yang boleh divaksin yakni harus berusia 18-59 tahun. Pemerintah enggan memvaksin warga yang berusia di bawah 18 atau di atas 59 tahun karena belum ada uji klinis di usia tersebut.

"Minimal kurang lebih 67-70 persen penduduk harus divaksin. Artinya, 182 juta yang harus divaksin," kata Jokowi saat menyerahkan Bantuan Modal Kerja di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (16/12).

Sebelumnya, pemerintah berencana menggratiskan vaksin ke 32 juta warga Indonesia saja. Sisanya, harus melakukan vaksinasi mandiri atau berbayar. Namun, Jokowi akhirnya menggratiskan vaksin ke seluruh warga Indonesia agar tercipta kekebalan populasi atau herd immunity.

Untuk menciptakan herd immunity, masyarakat harus disuntik vaksin sebanyak dua kali dengan selang waktu yang berbeda. Sehingga tidak bisa hanya disuntik satu kali saja.

Dia pun mencontohkan, mekanisme pembagian vaksin tersebut. Nantinya, hanya 70 persen warga di setiap rukun warga (RW) yang akan disuntik vaksin. Untuk meyakinkan publik tentang keamanan vaksin, Jokowi akan menjadi orang pertama yang disuntik.

"Saya yang akan menjadi penerima pertama (vaksin). Saya yang divaksin pertama kali untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," kata Jokowi.

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Baca Selanjutnya: Cara Daftar Vaksin Covid-19...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini