Capim Nawawi Pomolango Ingin KPK Fokus Pencegahan Bukan Penindakan

Rabu, 11 September 2019 12:19 Reporter : Ahda Bayhaqi
Capim Nawawi Pomolango Ingin KPK Fokus Pencegahan Bukan Penindakan Capim KPK Nawawi Pomolango. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Calon Pimpinan KPK Nawawi Pomolango menilai kinerja KPK selama 17 tahun berdiri tidak ada yang menonjol. Hal itu menjawab pertanyaan anggota fraksi PPP Komisi III Arsul Sani terkait alasan menjadi pimpinan KPK saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Dia mengaku ingin menjadi pimpinan yang membuat KPK menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana diamanatkan undang-undang. Lantas dia menilai kinerja KPK selama ini hasilnya masih biasa-biasa saja.

"Kok lembaga super, kompetensi luar biasa tapi eh hasilnya hanya biasa-biasa," kata Nawawi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Nawawi menganalogikan kerja KPK seperti orang yang lari di treadmill. Dari luar lari terlihat kencang, tapi malah lari di tempat. Lebih keras, Nawawi menyamakan kinerja KPK seperti orang mabuk pulang dugem. Berjalan sempoyongan ke kiri dan kanan.

"Kok kinerja kayak orang pulang dari dugem. Orang pulang tengah malam jalan sempoyongan kiri kanan, enggak sampai-sampai," jelasnya.

Lantas, Nawawi mengutip indeks persepsi Indonesia. Selama kurang lebih 20 tahun, hanya meningkat dari 20 menjadi 38 pada 2018. Dia pun menyoroti umur KPK yang sudah 17 tahun. Seharusnya, kata Nawawi, bisa lebih tinggi indeks persepsi korupsi itu.

"Karena fokus penindakan bukan pencegahan. Baru kita bisa up (naik)," ucapnya.

Dia menceritakan, di Korea Selatan, KPK-nya dibubarkan. Kata Nawawi karena banyak melakukan penindakan. Tapi, setelah dibubarkan dan diubah fungsinya dengan fokus pencegahan, indeks persepsi korupsi di sana, kata Nawawi justru meningkat.

"Dibubarin pak, KPK diganti setop penindakan khusus pencegahan, jadi ombudsman di sini pak. Yang jadi malah indeks persepsi korupsi naik," ucapnya.

Namun saat dicecar anggota fraksi PDIP Komisi III M Nurdin terkait inovasinya empat tahun mendatang ketika terpilih menjadi pimpinan KPK, Nawawi, tak banyak bicara. Dia hanya mengatakan ingin melanjutkan yang sudah berjalan di KPK.

"Saya enggak punya inovasi lagi semuanya sudah ada di KPK. Saya cuma tinggal akselerasi," kata Nawawi. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Capim KPK
  2. Jakarta
  3. Nawawi Pomolango
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini