Capim KPK Robby: Pimpinan KPK sekarang malas lakukan pencegahan

Kamis, 4 Desember 2014 12:10 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Capim KPK Robby: Pimpinan KPK sekarang malas lakukan pencegahan Seleksi calon pimpinan KPK. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Calon pimpinan KPK Robby Arya Brata menjual tindak pencegahan jika terpilih dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Robby menilai pimpinan KPK sekarang cenderung malas melakukan pencegahan. Sebab, pimpinan KPK saat ini berasal dari orang-orang penindakan.

"Yang berhasil pencegahan, bukan penindakan, di Hong Kong bukan penindakan tapi pencegahan, pimpinan KPK sekarang ini orang penindakan, mungkin agak malas melakukan pencegahan," kata Robby di Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (4/12).

Robby juga berjanji akan membuat dewan pengawas di internal KPK. Sebab dia menilai KPK saat ini sudah liar dalam menangani kasus korupsi.

Saat memaparkan soal dewan pengawas, Robby sempat menarik ucapannya. Dia menyebut siap mundur jika gagal membentuk dewan pengawas, namun ucapan itu cepat-cepat diralat.

"Kalau tidak berhasil saya akan mundur, eh bukan mundur, berarti saya tidak berhasil. Kalau ada yang desak mundur pun silakan tidak masalah," kata dia,

Dia sesumbar akan membuat lembaga pengawas di tiap kementerian. Pengawas ini independen dan digaji oleh KPK, demi terciptanya pencegahan korupsi yang marak di kementerian.

"Bukan (tugasnya) memberantas KPK, pengawas internal di kementerian karena capability, pengawas kementerian itu pengawasan internal KPK, yang gaji KPK. Kalau itu berhasil dijalankan, pekerjaan 70 persen fungsi pencegahan KPK sudah berjalan. Dimasukkan (di pengawas itu) LSM dalam pengawas KPK, fungsi pencegahan harus dikuatkan," ujarnya. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Capim KPK
  2. Roby Arya Brata
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini