Capaian Vaksinasi Pelajar di Garut Masih Rendah Karena Terkendala Stok Vaksin

Jumat, 1 Oktober 2021 10:46 Reporter : Mochammad Iqbal
Capaian Vaksinasi Pelajar di Garut Masih Rendah Karena Terkendala Stok Vaksin PMI gelar vaksinasi Covid-19. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Seketaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani menyebut bahwa capaian vaksinasi untuk pelajar atau remaja saat ini masih rendah. Rendahnya capaian tersebut terjadi karena pasokan vaksin Covid-19 yang belum maksimal dari Kementerian Kesehatan. Leli mengatakan bahwa pihaknya memang dalam vaksinasi pelajar terkendala dengan stok vaksin yang terbatas.

“Yang menginginkan itu (vaksinasi Covid-19) banyak sekali, bukan hanya pelajar. Karena sekarang mau ke mana-mana harus ada syarat vaksin,” katanya, Jumat (1/10).

Dalam proses kegiatan vaksinasi, saat stok vaksin tersedia, Leli mengaku bahwa para vaksinator mendatangi langsung ke sekolah. Di luar itu, ada juga sekolah yang menggerakan siswanya untuk datang ke sentra vaksinasi.

Di wilayah utara dan selatan Garut, diungkapkan Leli, pihaknya memfokuskan kegiatan vaksinasi di masing-masing puskesmas. Hal itu dikarenakan saat ini sentra vaksinasi baru ada di wilayah perkotaan Garut.

“Namun saat ini stok vaksin masih terbatas, sehingga kegiatan vaksinasi untuk pelajar masih terhambat. Kita kemarin ke Kemenkes meminta jatah vaksin ke Garut diperbanyak, salah satunya untuk anak-anak sekolah,” ungkap Leli.

Leli menjelaskan bahwa saat ini di Kabupaten Garut tengah menggencarkan vaksinasi untuk pelajar yang usia 12 tahun ke atas. Selain pelajar juga, vaksinasi dilakukan kepada para guru dan perangkat sekolah lainnya.

Selama pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Leli mengatakan bahwa seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Garut diwajibkan untuk memantau sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerjanya. Pemantauan dilakukan untuk memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan di sekolah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Pihak sekolah juga telah diminta melapor ketika ada anak yang diduga bergejala ke arah Covid-19,” tutup Leli.

Baca juga:
Jangan Pernah Lepas Masker dan Sentuh Gibran saat Foto, Begini Tindakan Paspampres
Gubernur Kaltara Minta Tim Vaksinasi Masuk ke Daerah yang Sulit Dijangkau
Miris Dokter Cantik Ini Pasrah Dihajar Massa, Langsung Terkenang Bayinya di Rumah
Vaksinasi Ampuh Kurangi Kematian Covid-19 Pada Penderita Jantung
Peran Aktif Masyarakat Pada Vaksinasi Covid-19 Bantu Pemulihan Ekonomi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini