Capaian Vaksinasi Masih Rendah, Kota Padang Lanjut PPKM Level 4

Kamis, 23 September 2021 14:58 Reporter : Ikhwan
Capaian Vaksinasi Masih Rendah, Kota Padang Lanjut PPKM Level 4 Wali Kota Padang Hendri Septa. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Padang diperpanjang setidaknya hingga 4 Oktober 2021. Wali Kota Hendri Septa mengatakan perpanjangan disebabkan capaian vaksinasi Covid-19 di daerah itu masih relatif rendah.

Kasus Covid-19 di Padang sebenarnya terus melandai.Namun, kata Hendri, capaian vaksinasi yang masih rendah membuat pemerintah pusat menetapkan perpanjangan PPKM Level 4 di kota itu.

Saat ini sekitar 255 ribu warga Kota Padang yang telah menjalani vaksinasi. Jumlah itu masih 35 persen dari 726 ribu orang yang menjadi target penyuntikan vaksin Covid-19.

"Kita berharap dan optimistis, dalam sepekan ke depan insyaallah dengan segala daya upaya bisa mengejar capaian vaksinasi minimal 52 ribu warga lagi. Saat ini baru 255 ribu atau 35 persen warga Kota Padang yang sudah divaksin dari target 726 ribu orang. Kalau 52 ribu ini tercapai dalam sepekan ke depan ditambah dengan 18 ribu lagi maka vaksinasi di Kota Padang akan mencapai 40 persen lebih, sehingga dengan itu level PPKM kita diyakini bisa turun dari level 4 menuju level 3," kata Hendri di Padang, Kamis (23/9).

Dia menerangkan, untuk mengejar capaian vaksinasi Covid-19, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, mulai sosialisasi dan edukasi hingga menetapkan persyaratan bagi pelajar tingkat SMP untuk sekolah tatap muka.

"Alhamdulillah, para murid SMP sederajat di Kota Padang sudah mulai melakukan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini dilakukan untuk anak berusia 12 hingga 17 tahun. Semoga ini terus berlanjut dan berjalan sesuai harapan. Kita juga akan kejar vaksinasi lansia bekerja sama dengan TP PKK Kota Padang mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, sampai kota, dan majelis taklim-taklim yang ada di Kota Padang," kata Hendri.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat yang belum disuntik vaksin Covid-19 agar segera mendapatkannya. "Untuk upaya ini kita tentu berharap betul dukungan semua unsur. Begitu juga peran ninik mamak, bundo kanduang, dan para orang tua yang begitu besar dalam mengajak masyarakat menyukseskan program vaksinasi ini. Vaksinasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh dalam mengurangi atau melindungi terpaparnya kita dari Covid-19," pungkas Hendri. [yan]

Baca juga:
Minta Maaf karena Terobos Lokasi Wisata, Wali Kota Malang Siap Jalani Proses Hukum
Banyak Daerah Turun Level PPKM, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Kembali Positif
Diperpanjang sampai 4 Oktober 2021, Ini Perubahan Aturan PPKM Jawa-Bali
Dr Reisa: Penggunaan Masker Berlaku untuk Semua Level PPKM
Suasana Mal di Ibu Kota Saat Anak Dibawah 12 Tahun Diizinkan Masuk
Pemda DIY Kejar Target 60 Persen Lansia Dapat Vaksin Dosis 1
Kemenkes Jelaskan Syarat PPKM di Jabodetabek Turun ke Level 2

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini