Candi Borobudur Ditutup Cegah Penularan Covid-19

Senin, 10 Mei 2021 19:22 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Candi Borobudur Ditutup Cegah Penularan Covid-19 Candi Borobudur. © Bold Travel

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan sejumlah obyek wisata di Kabupaten Magelang ditutup untuk mengantisipasi ledakan kasus penularan Covid-19 saat Idulfitri. Diharapkan kebijakan ini bisa diikuti pemerintah daerah lainnya.

"Candi Borobudur sudah ditutup sejak 8 Mei sampai 17 Mei. Mudah-mudahan yang di Magelang ini juga bisa jadi contoh daerah lain," kata Ganjar Pranowo, Senin (10/5).

Dia menyebut, pengawasan tempat wisata harus ketat. Ganjar mengancam bila aturannya diabaikan lebih baik ditutup.

"Kalau kira-kira agak berat untuk mengawasi ditutup saja. Itu jauh lebih baik," jelasnya.

Saat ini, terdapat Kabupaten Wonogiri dan Kebumen yang berjanji akan menutup obyek wisatanya saat Lebaran.

"Yang sudah menyampaikan kabupaten Magelang yang menutup semuanya, Wonogiri juga, informasinya Kebumen juga, cuman yang di Kebumen saya lihat datanya masih ada," ungkapnya.

Daerah lain yang masih membuka tempat wisata, lanjut Ganjar, juga harus memastikan sesuai dengan izin yang hanya membuka 30 persen dari kapasitas keseluruhannya.

"Tapi saya ingatkan ketika nanti ngontrolnya sulit, ditutup itu jauh lebih aman. Ini kita semua berikhtiar berkontribusi menjaga agar aman,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditutup selama libur Lebaran 2021/1442 hijriah. Kebijakan Pemerintah Daerah ini sesuai instruksi pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah guna mengendalikan penyebaran Covid-19. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini