Buya Syafii Ingatkan Dampak Keamanan dan Sosial Soal Pemulangan WNI eks ISIS

Selasa, 11 Februari 2020 08:59 Reporter : Purnomo Edi
Buya Syafii Ingatkan Dampak Keamanan dan Sosial Soal Pemulangan WNI eks ISIS Buya Syafii. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wacana pemerintah Indonesia memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang pernah bergabung dengan ISIS atau kombatan ISIS mendapatkan tanggapan dari . Menurutnya, wacana pemulangan kombatan ISIS menjadi hal yang serba repot bagi pemerintah.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah ini menyebut kombatan ISIS ini sudah mengalami cuci otak. Buya menilai jika cuci otak tersebut telah mengubah pemikiran dan kombatan ISIS.

"Memang serba repot ya, serba repot. Mereka ini kan sudah dicuci otaknya oleh ISIS itu. Agama jadi alasan untuk ikut ke sana, itu alasan agama yang sama sekali tidak punya dasar," ujar Buya Syafii di Sleman, Senin (10/2).

Buya Syafii pun mewanti-wanti kepada pemerintah agar benar-benar memelajari wacana pemulangan kombatan ISIS. Buya Syafii juga meminta agar pemerintah lewat lembaga-lembaganya duduk bersama dan membahasnya. Termasuk apakah benar para kombatan ini memang ingin pulang ke Indonesia dan siap untuk tunduk pada ideologi yang diusung Indonesia.

"Bagi saya, pemerintah harus berhati-hati, harus dikaji betul. Dikumpulkan BNPT, BIN, kumpulkan semua untuk memutuskan apakah mereka mau dipulangkan. Atau mungkin mereka nggak mau pulang, kita nggak tahu juga. Kalau tidak mau pulang, itu hak manusia," tegas Buya Syafii.

Anggota Dewan Pengarah BPIP ini menerangkan wacana pemulangan kombatan ISIS menjadi sebuah masalah yang pelik. Permasalahan antara kemanusiaan dengan masalah keamanan bangsa dinilai Buya Syafii susah untuk dibahas bersama.

"Kalau misi kemanusiaan, memang susah mempertimbangkan. Apakah mereka (kombatan ISIS) masih tetap punya ideologi itu (ISIS)atau tidak. Janti kalau di Indonesia ngacau lagi kan jadi persoalan besar," tegas Buya Syafii.

Buya Syafii menerangkan ada beberapa dampak seandainya pemerintah tetap ingin memulangkan kombatan ISIS. Selain masalah keamanan, masalah sosial pun juga bisa muncul sebagai imbas pemulangan kombatan ISIS tersebut.

"Dampaknya? Dampak keamanan dan juga sikap masyarakat terhadap mereka. Apa masyarakat mau menerima mereka atau tidak. Ini jadi pertimbangan," tutur Buya Syafii. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini