Butuh bantuan, bayi di Banten lahir dengan usus di luar perut

Selasa, 23 April 2013 10:13 Reporter : Dwi Prasetya
Butuh bantuan, bayi di Banten lahir dengan usus di luar perut Ilustrasi bayi. ©shutterstock.com/Photobac

Merdeka.com - Seorang bayi laki-laki di Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, lahir dengan kondisi perut terbuka sehingga usus terburai berada di luar, pada Sabtu (20/4). Bayi yang lahir dari rahim sang ibu bernama Sanimah tersebut, lahir dengan berat badan 1,8 kilogram.

Proses kelahiran bayi laki-laki tersebut lancar dan normal, meskipun lahir sebelum waktunya atau prematur. Bayi itu lahir pada bulan kedelapan kehamilan Saminah.

"Prosesnya kelahirannya lancar kok. Proses kelahirannya sih di rumah saya, sekaligus tempat praktik. Setelah dirawat di Puskesmas Labuan, selanjutnya sekarang dirujuk ke RSUD Pandeglang," kata Bidan Umu Tapsiroh, bidan desa setempat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Labuan, dokter Marfuah membenarkan, bayi laki-laki yang lahir dengan kondisi usus di luar saat ini di RSUD Pandeglang. Dan tindakan medis yang dilakukan oleh pihaknya hanya pertolongan pertama saja. Karena sesuai dengan kondisi bayi seharusnya dilakukan operasi.

"Hari Minggu pagi, bayinya dirujuk ke RSUD Pandeglang. Kalau ibunya sih Alhamdulillah sehat-sehat aja. Dan mengenai pengobatan kami serahkan ke pihak rumah sakit," kata dokter Marfuah.

Orangtua bayi yang merupakan warga tidak mampu asal Labuan-Pandeglang, Banten, dan kesehariannya buruh nelayan ini pasrah. Sebab, orangtua si bayi tidak mempunyai biaya untuk melakukan pengobatan. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Kesehatan Bayi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini