Buron Sejak 2018, Tersangka Korupsi Pengadaan Kapal Ditangkap di Medan

Rabu, 12 Februari 2020 13:37 Reporter : Yan Muhardiansyah
Buron Sejak 2018, Tersangka Korupsi Pengadaan Kapal Ditangkap di Medan Party Pesta Oktoberto Simbolon. ©2020 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Berakhir sudah pelarian Party Pesta Oktoberto Simbolon (49), tersangka kasus tindak pidana korupsi pengadaan kapal laut di Dairi, Sumut, yang jadi buronan sejak 2018. Tim dari kejaksaan menangkapnya di Medan, Rabu (12/2) pagi.

"Tersangka diringkus tim dari Kejari Dairi didukung personel Pidsus dan Intel Kejati Sumut serta aparat Polri di Jalan Timor, tepatnya di depan SLTP 37 Medan pada hari ini sekitar pukul 07.10 Wib," kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian.

Party Pesta Oktoberto Simbolon merupakan merupakan Kepala Bidang Keselamatan & Teknik Sarana Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi. Dia telah dijadikan tersangka tindak pidana korupsi dalam pengadaan kendaraan angkutan air bermotor jenis kapal laut pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata & Perhubungan Kabupaten Dairi pada 2008. Penyidik menyatakan, kasus ini telah merugikan keuangan negara sebesar Rp359.090.909.

Pria yang beralamat di Kompleks KLK, Panji Porsea, Kecamatan Sitinjo, Dairi ini ditetapkan sebagai tersangka sejak 2 Juli 2018. Sejak itu keberadaannya tidak diketahui.

"Yang bersangkutan tidak pernah memenuhi panggilan penyidik Kejari Dairi untuk proses hukum berikutnya, sehingga dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," jelas Sumangggar.

1 dari 1 halaman

Ditangkap Tanpa Perlawanan

Kejari Dairi kemudian berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencari keberadaan Party Pesta Oktoberto Simbolon. "Selanjutnya selama kurang lebih 3 bulan dilakukan upaya pencarian, keberadaan yang bersangkutan diketahui berada di Kota Medan," jelas Sumanggar.

Tim akhirnya menangkap Party Pesta Oktoberto Simbolon tanpa perlawanan di Jalan Timor, Medan, Rabu (12/2) pagi. Dia diamankan tanpa perlawanan dan langsung dibawa ke Kejati Sumut untuk diproses lebih lanjut atau Tahap II.

"Setelah administrasi Tahap II dan penahanan dilengkapi, yang bersangkutan kemudian dibawa ke Rutan Tanjung Gusta Medan. Selanjutnya dia akan menjalani proses hukum atau persidangan di Pengadilan Tipikor Medan," tutup Sumanggar. [eko]

Baca juga:
Kejaksaan Tahan Bos Kontraktor Tersangka Keempat Korupsi Proyek Pasar di Jember
Tersangka Korupsi RTH Bandung Herry Nurhayat Diperiksa KPK
Istri Eks Sekretaris MA Nurhadi Diperiksa KPK Terkait Suap dan Gratifikasi
KPK Panggil Kadiv PAS Jabar Terkait Suap di Lapas Sukamiskin
Mantan Anggota DPRD Kaltim Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi Rp100 juta
Jadi Tersangka Korupsi Pipa Transmisi PDAM, Wabup Bengkalis akan Dijemput Polisi

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Medan
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini