Bupati Nganjuk Ditetapkan Tersangka Terkait Jual Beli Jabatan

Senin, 10 Mei 2021 18:48 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bupati Nganjuk Ditetapkan Tersangka Terkait Jual Beli Jabatan bupati nganjuk novi rahman hidayat. ©2021 Instagram

Merdeka.com - Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat ditetapkan tersangka korupsi terkait dugaan kasus jual beli jabatan. Kasus ini terkait pengisian jabatan pada perangkat desa dan camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Nganjuk.

"Para camat memberikan sejumlah uang kepada Bupati Nganjuk melalui ajudan Bupati terkait mutasi dan promosi jabatan mereka dalam hal ini para camat dan pengisian jabatan di tingkat kecamatan di jajaran kabupaten Nganjuk," kata Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Brigjen Djoko Poerwanto saat jumpa pers di KPK, Jakarta, Senin (10/5).

Novi diduga sebagai penerima dan menjanjikan pengisian jabatan dari pemberian uang tersebut. Penyerahan uang dari camat dilakukan lewat perantara yakni ajudan Novi.

"Dan selanjutnya ajudan tersebut menyerahkan uang tersebut kepada Bupati Nganjuk," ucapnya.

Sementara, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyebut pada Minggu 9 Mei 2021 tim gabungan KPK dan Bareskrim Mabes Polri mendapatkan informasi akan adanya penyerahan uang dari pihak pihak terkait. Penyerahan uang itu terkait pengisian pada perangkat desa camat di pemerintahan kabupaten Nganjuk Jawa Timur

"Tim gabungan kemudian menindaklanjuti dan mengamankan empat orang camat pada wilayah Kabupaten Nganjuk beserta barang bukti uang, setelah dilakukan permintaan keterangan diperoleh fakta bahwa dugaan penerimaan sejumlah uang itu dikumpulkan atas arahan bupati Nganjuk," ucapnya.

Tim gabungan, kata dia, juga menemukan fakta ada beberapa dugaan para camat telah menyerahkan sejumlah uang kepada Bupati Nganjuk melalui ajudannya. "Dan selanjutnya tim KPK dan Bareskrim Mabes Polri mengamankan Bupati Nganjuk untuk pemeriksaan lebih lanjut," tandasnya.

Selain Novi, enam orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka adalah
Camat Pace Dupriono, Camat Tanjunganom sekaligus Plt Camat Sukomoro Edie Srijato, Camat Berbek Haryanto, Camat Loceret Bambang Subagio, Mantan Camat Sukomoro Tri Basuki Widodo, dan Ajudan Bupati Nganjuk M Izza Muhtadin. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini