Bupati Mukomuko adopsi program Jokowi

Selasa, 26 Februari 2013 04:00 Reporter : Baiquni
Kartu Sehat. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus mengaku tertarik dengan program milik Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) berupa kartu sehat. Dia pun berniat akan menerapkan program ini di daerah yang dipimpinnya.

"Kami tertarik dengan program Jokowi, kemungkinan akan diterapkan di sini," ujar Ichwan seperti dikutip dari Antara, Senin (25/2).

Ichwan mengatakan, keberadaan kartu sehat dapat mempermudah masyarakat miskin untuk menikmati akses pelayanan kesehatan secara gratis. "Warga miskin dapat membawa kartu sehat itu kapan saja ke Puskesmas dan RSUD untuk berobat gratis," kata dia.

Selanjutnya, kata Ichwan, sebelumnya Pemkab Mukomuko pernah membuat program serupa dengan bentuk Jamkesda. Tetapi, program tersebut tidak menggunakan kartu sehat melainkan surat keterangan miskin.

"Untuk saat ini bantuan pengobatan gratis di daerah ini (Mukomuko) menggunakan program jamkesda, untuk selanjutnya akan menggunakan kartu sehat," pungkas dia.

Lebih lanjut, Ichwan menambahkan, program Jamkesda untuk tahun 2013 menghabiskan biaya sebesar Rp 2,05 miliar menggunakan dana APBD. Menurut dia, pihaknya menargetkan sebanyak 18.000 warga miskin yang akan menerima dana Jamkesda tahun ini. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kartu Jakarta Sehat
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.