Bupati Jhon Richard Sebut 1.261 Orang Eksodus dari Jayawijaya

Senin, 30 September 2019 16:07 Reporter : Ya'cob Billiocta
Bupati Jhon Richard Sebut 1.261 Orang Eksodus dari Jayawijaya Warga tinggalkan Jayawijaya. Antara

Merdeka.com - Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Jhon Richard Banua mengatakan warga yang eksodus ke beberapa kabupaten di Papua berjumlah 1.261 orang. Jumlah tersebut merupakan data yang dihimpun pihaknya sejak Selasa (24/9) hingga Minggu (29/9) pukul 16.30 WIT.

"Eksodus sampai 3.000 itu tidak benar. Yang baru keluar datanya sebanyak 1.261 orang, itu data terakhir kemarin," katanya di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (30/9). Dikutip dari Antara.

Mayoritas warga yang eksodus maupun dievakuasi mayoritas perempuan dan anak-anak. Ditambahkannya bahwa khusus untuk laki-laki dewasa akan tetap berada di Jayawijaya, sebab situasi keamanan berangsur pulih.

"Selama saya sebagai Bupati, Kapolres dan Dandim masih ada di sini kami masih bisa menjaminkan keamanan," terang Jhon Richard Banua.

Berdasarkan pantauan, hingga Senin (30/9) siang, sekitar 300-an warga berada di sekitaran bandara lama untuk menanti pesawat Hercules.

Sebagian dari jumlah itu mendirikan tenda, sementara di depan dan halaman Pangkalan Markas TNI AU Wamena, serta di pinggiran jalan menuju bandara lama Wamena. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini