Buntut Kapolsek Astanaanyar Pesta Narkoba, Mabes Polri Tes Urine Anggota

Senin, 22 Februari 2021 19:58 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Buntut Kapolsek Astanaanyar Pesta Narkoba, Mabes Polri Tes Urine Anggota Mabes Polri Gelar Tes Urin Pasca Kasus Narkoba Kompol Yuni. ©2021 Merdeka.com/Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Divisi Propam Mabes Polri melaksanakan tes urine terhadap Dittipidnarkoba Bareskrim Polri hari ini, Senin (22/2). Sebagai informasi, tes urine ini merupakan tindak lanjut buntut tertangkapnya Kapolsek Astana Anyar Bandung, Kompol Yuni Purwanti Kusuma yang mengkonsumsi narkoba.

Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri, BrigjenKrisno Halomoan Siregar mengatakan bahwa kegiatan tes urine ini diadakan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya.

"Kegiatan diawali dengan pengarahan Wadirtipidnarkoba tentang 100 Hari Program Kerja Kapolri kepada para Kasubdit, Kanit dan anggota Dittipidnarkoba. Kemudian secara mendadak dilakukan tes urinee kepada seluruh personil Dittipidnarkoba," kata Krisno dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/2).

Penguji dari tes urine kali ini yaitu para penguji dari tim paramedik Pusdokkes Polri yang diawasi oleh personel Roprovoos Divpropam Polri di Aula Dittipidnarkoba Lantai 7 Gedung Bareskrim Polri.

Adapun yang mengikuti tes urine ini yakni Wadirtipidnarkoba, para Kasubdit, para Kanit, dan anggota Polri lainnya serta seluruh PNS Ditipidnarkoba. Krisno mengatakan bahwa hasil tes urine siang hari ini seluruhnya negatif.

"Hasil dari pelaksanaan terhadap personil Dittipidnarkoba seluruhnya negatif atau tidak ada indikasi adanya penyalahgunaan Narkoba," kata dia.

Seperti yang diketahui, tes urine anggota Polri ini trlah diperintahkan oleh Kapolri, melalui Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 yang mengatur tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri.

Surat Telegram itu ditandatangani Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo atas nama Kapolri pada 19 Februari 2021.
Sehingga, seluruh jajaran Polres dan Polsek di seluruh Indonesia juga harus melaksanakan tes urine.

Selain menginstruksikan para kapolda menggelar tes urinee, Kapolri meminta para kapolda memberikan tindakan tegas kepada anggota polisi yang terlibat penyalahgunaan atau peredaran narkoba.

Secara terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa sebagian besar Polda sudah menggelar tes urinee terhadap anggotanya.

"Sebagian besar di beberapa polda sudah lakukan itu. Jadi sudah ada perintah untuk melakukan tes urinee," kata Ramadhan.

Bahkan, kata dia, pihaknya sudah menerima laporan hasil tes urinee tersebut dari beberapa Polda

"Kita menerima laporan dari beberapa polda telah menerima tes urine tehadap anggotanya. Mulai dari Polda Aceh sampai Papua Barat," ungkapnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini