Bukan Chip, Ini Fungsi Barcode di Botol Vaksin Covid-19

Selasa, 19 Januari 2021 19:36 Reporter : Supriatin
Bukan Chip, Ini Fungsi Barcode di Botol Vaksin Covid-19 Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito membantah informasi yang menyebutkan bahwa ada penanaman chip saat proses vaksinasi Covid-19. Wiku menegaskan, informasi tersebut hoaks.

"Pada kesempatan ini saya tegaskan bahwa berita itu adalah berita bohong atau hoaks. Tidak ada chip di dalam vaksin," kata Wiku dalam konferensi pers disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (19/1).

Wiku juga menjelaskan mengenai kode batang atau barcode pada vaksin Covid-19. Dia menyebut, barcode hanya menempel pada kemasan vaksin. Kode batang tersebut tidak akan menempel pada orang yang diberi vaksin.

"Kegunaan barcode tersebut adalah semata-mata untuk pelacakan distribusi produk vaksin dan sama sekali tidak dapat difungsikan untuk melacak keberadaan masyarakat yang telah diberi vaksin," sambungnya.

Mantan dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia ini meminta masyarakat tidak khawatir dengan data pribadi yang diberikan kepada pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Dia memastikan, data itu dirahasiakan dan semata-mata digunakan untuk kepentingan proses vaksinasi.

"Hal ini sudah diatur dalam Pasal 58 ayat 1 PP 40 Tahun 2019 bahwa kementerian atau lembaga dan badan hukum Indonesia yang memperoleh data pribadi penduduk atau data kependudukan dilarang menggunakan melampaui batas kewenangannya," kata dia.

Wiku mengimbau masyarakat tidak mudah terpengaruh informasi hoaks mengenai vaksinasi Covid-19. Masyarakat juga diminta untuk tidak menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Masyarakat seharusnya juga tidak serta-merta menyebarkan informasi yang sifatnya hanya memprovokasi, terlebih lagi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya. Ingat, bahwa mengaitkan dua hal yang tidak berhubungan adalah sangat berbahaya, dan pada akhirnya masyarakat sendirilah yang akan sangat dirugikan oleh berita-berita tersebut," tandasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini