Buka Rapat Korpri, Presiden Jokowi Puji Kualitas Pelayanan Masyarakat Semakin Baik

Selasa, 26 Februari 2019 11:49 Reporter : Supriatin
Buka Rapat Korpri, Presiden Jokowi Puji Kualitas Pelayanan Masyarakat Semakin Baik Presiden Jokowi dan ASN. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara Jakarta, Selasa (26/2). Jokowi menyampaikan terima kasih kepada aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang telah melayani masyarakat dengan baik.

"Saya ucapkan terima kasih, 4 tahun ini kualitas pelayanan pada masyarakat semakin baik," kata Jokowi.

Salah satu pelayanan yang diapresiasi Jokowi adalah penerbitan sertifikat tanah untuk rakyat. Kepala Negara menyebut, pada pemerintahan sebelumnya ASN hanya bisa menerbitkan 500.000 sertifikat tanah setiap tahun. Di bawah kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla, ASN berhasil mengeluarkan lima juta lebih sertifikat tanah per tahun.

"Di 2017 melompat jadi 5 juta, 2018 melompat lagi jadi 7 juta, tahun ini insya Allah lebih dari 9 juta. Apa yang digaris bawahi? Sebetulnya kita bisa asal kita mau," ujar dia.

Selain sertifikat tanah, menurut Jokowi, ASN telah membuat gebrakan baru dalam proses penerbitan perizinan. Sebelumnya, pengurusan perizinan bisa memakan waktu satu tahun. Sekarang hanya butuh waktu 1 sampai 3 jam untuk mengurus perizinan.

"Sekarang bisa urus izin 3 jam. Aplikasi sistem juga gampang, murah sekarang ini," kata dia.

Jokowi menilai, ASN adalah orang-orang intelektual yang bekerja pada instansi pemerintah. Dia mengaku tak terima bila ada pihak yang menyebut ASN tak berkompeten.

"Kalau ada yang berkata sebaliknya pasti saya akan tentang itu. Karena nyatanya saudara-saudara-saudara para intelektual," ujar dia.

Rakernas KORPRI dimulai pukul 10.00 WIB. Sejumlah menteri Kabinet Kerja yang mendampingi Jokowi dalam acara ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden Jokowi
  2. PNS
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini