Buka P20 di DPR, Jokowi Ajak Parlemen Dunia Bawa Misi Perdamaian

Kamis, 6 Oktober 2022 15:48 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Buka P20 di DPR, Jokowi Ajak Parlemen Dunia Bawa Misi Perdamaian Jokowi di Forum Parlemen G20. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara yang tergabung dalam forum parlemen G-20 bekerja sama dalam menghadapi masalah global seperti krisis maupun pemulihan ekonomi. Kepala Negara mengajak seluruh negara mengesampingkan ego masing-masing.

"Dalam mengatasi masalah-masalah bersama kita harus bekerja bersama-sama, kita harus menurunkan ego kita masing-masing, kita harus berupaya keras mengatasi perbedaan-perbedaan memperbanyak dan memperkuat titik temu untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia serta mengatasi krisis lebih efektif," ujar Jokowi saat membuka sidang ke-9 G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) di Gedung Paripurna DPR, Jakarta, Kamis (6/10).

Menurutnya, multilateralisme merupakan jalan paling efektif untuk mengatasi tantangan bersama. Jokowi berkata, tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan sendiri oleh satu negara atau beberapa negara.

"Kita harus mau duduk bersama berbicara dan membangun jembatan dialog sehingga menemukan jalan keluar dari persoalan yang kita hadapi," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Jokowi berujar, adanya konflik dan perpecahan justru menyengsarakan seluruh negara. Maka dari itu, dia mengajak forum parlemen G20 menjadi bagian dari solusi masalah global dan membawa misi perdamaian.

"Konflik dan perpecahan justru menyengsarakan kita semua, semua terdampak, semua rugi semua terancam tidak ada satu pun yang menang karena sesungguhnya semuanya kalah," ujarnya.

"Karena itu saya mengajak parlemen global dapat menjadi bagian dari solusi, berperan sebagai jembatan, pembawa misi perdamaian, membangun dialog dan membangun perundingan, mengedepankan kebersamaan menghindari perpecahan," jelas Jokowi. [tin]

Baca juga:
Jokowi Ingin Produk Ekonomi Kreatif RI Tembus Pasar Internasional
Sesuai Perkiraan Jokowi, Uni Eropa Mulai Rasakan Gejala Resesi Ekonomi
Jokowi Teken Keppres TGIPF Kanjuruhan, Ini Tugas dan Kewenangannya
Taman Hutan Raya Ngurah Rai Siap Sambut Delegasi KTT G20
Respons Instruksi Jokowi, Ketum PSSI Janji Evaluasi Manajemen usai Tragedi Kanjuruhan
Jokowi Yakin Ekonomi Kreatif Bisa Jadi Tulang Punggung RI di Masa Depan
Jokowi: Ekonomi Kreatif Jadi Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini