Budi Waseso buka-bukaan soal 'jenderal buwas' & kriminalisasi KPK

Senin, 23 Februari 2015 08:36 Reporter : Muhammad Sholeh
Budi Waseso buka-bukaan soal 'jenderal buwas' & kriminalisasi KPK Budi Waseso. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kisruh KPK dan Polri tak bisa lepas dari Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso. Jenderal polisi bintang tiga itu disebut-sebut terus memojokkan para pemimpin KPK dengan memproses beberapa pengaduan. Sebab, usai Budi Waseso dilantik sebagai Kabareskrim, dua pimpinan KPK ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Hasilnya, Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto menjadi tersangka. Kini Samad dan Bambang telah dinonaktifkan oleh Presiden Joko Widodo.

Menanggapi tudingan itu, Budi Waseso membela diri. Budi Waseso mengatakan Polri merupakan pelindung dan pengayom masyarakat. Selain itu, Polri juga berupaya meneruskan pengaduan masyarakat dengan cepat.

Gerah dengan tudingan miring tersebut, Budi Waseso buka-bukaan dan protes soal kisruh KPK melawan Polri. Berikut buka-bukaan pembelaan Komjen Budi Waseso:

1 dari 4 halaman

Komjen Budi Waseso protes disebut Jenderal Buwas

waseso protes disebut jenderal buwas rev2Kabareskrim Irjen Pol Budi Waseso. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso mengakui dirinya sangat terkenal bak pemain sinetron selama kasus KPK versus Polri menghangat. Budi Waseso pun protes namanya disingkat jadi 'buwas'. Istilah itu dipakai sejumlah media jika menulis tentang sosok Budi Waseso.

"Kok ditulis Pak Buwas selalu bikin was was. Tapi saya bersyukur jadi bintang film. Keluarga saya di kampung bilang kamu jadi terkenal, padahal saya nggak pernah pulang kampung," kata Budi Waseso sambil senyum-senyum di Mabes Polri, Minggu (22/2).

Budi merasa jadi sasaran tembak media selama kasus ini. Dia mengaku tak pernah melakukan tudingan orang soal kriminalisasi KPK. Dirinya pun siap diperiksa dan jadi tersangka jika memang bersalah.

2 dari 4 halaman

Budi Waseso bantah ada kriminalisasi KPK

bantah ada kriminalisasi kpk rev2Kabareskrim Irjen Pol Budi Waseso. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Selain protes disebut Jenderal Buwas, Kabareskrim Komjen Budi Waseso juga membantah bila Polri melakukan kriminalisasi terhadap pimpinan KPK. Menurut Budi, Polri merupakan pelindung dan pengayom masyarakat. Selain itu, Polri juga berupaya meneruskan pengaduan masyarakat dengan cepat.

"Masalah BW dan AS adalah bagian kecil yang saya tangani. Hanya karena ini jadi konsumsi publik. Saya masih koordinasi dengan KPK sebab ada penanganan kasus korupsi. Ini bukti saya nggak punya keinginan kriminalisasi KPK. Saya tanggung jawab ke masyarakat," kata Budi Waseso di Rupatama Mabes Polri, Minggu (22/2).

Budi Waseso menambahkan, laporan korupsi dari Bambang ada 4 dan Samad ada 5. Dia membela diri kalau Polri tidak serta merta menjadi Samad dan Bambang menjadi tersangka.

"Itu ada penyelidikan. Kami melakukan gelar perkara, seminggu dua kali. Saya jamin gak ada kriminalisasi KPK," kata pria yang disebut-sebut orang dekat Komjen Budi Gunawan.

3 dari 4 halaman

Lebih nyaman jadi Kabareskrim dibanding calon Wakapolri

jadi kabareskrim dibanding calon wakapolri rev2Kabareskrim Irjen Pol Budi Waseso. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri (Kabareskrim) Komjen Budi Waseso masuk bursa calon Wakil Kapolri. Namun Budi Waseso mengaku lebih merasa nyaman menjabat Kabareskrim.

"Yang jelas Siap jadi Kabareskrim," ujar Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta, Minggu (22/2).

Dia mengatakan, dirinya tak siap menjadi Wakapolri lantaran tugas yang dilakukannya belum maksimal.

"Saya baru jadi Kabareskrim saja baru semenit belum kerja bagus masak mau jadi Wakapolri," tukasnya.

4 dari 4 halaman

Bangga sering masuk TV bak bintang film

masuk tv bak bintang film rev2Kabareskrim Irjen Pol Budi Waseso. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso mengaku kini jadi buruan wartawan soal kasus KPK versus Polri. Dia pun sering masuk TV bak bintang film.

Lucunya, keluarga di kampung malah bangga Budi Waseso jadi sering masuk TV. Bukan karena Budi kini sudah jadi Kabareskrim dan jadi jenderal bintang tiga.

"Bangga karena masuk tivi, bukan jadi Kabareskrim," canda Budi Waseso di Mabes Polri, Minggu (22/2).

Budi Waseso mengaku ada perubahan. Dulu dia sama sekali tak masuk pemberitaan. Kini setiap hari ada berita soal dirinya dan kisruh KPK versus Polri.

"Dulu nggak ada yang kenal, sekarang saya muncul kayak pemain sinetron mendadak," katanya. [did]

Baca juga:
Skenario gagal Jokowi hendak jegal komjen BG lewat tangan DPR
Budi Waseso sebut KPK minta 50 penyidik bukti tak ada kriminalisasi
Cerita lucu Komjen Budi Waseso soal masuk TV & jadi Kabareskrim
Komjen Budi Waseso protes disebut Jenderal Buwas bikin was-was
Ini pembelaan Komjen Budi Waseso soal tudingan kriminalisasi KPK
BW harap Plt pimpinan KPK tak bernasib seperti dirinya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini