Budi Gunawan jadi tersangka, #ShameOnYouJokowi ramaikan media sosial

Kamis, 15 Januari 2015 13:29 Reporter : Al Amin
Budi Gunawan jadi tersangka, #ShameOnYouJokowi ramaikan media sosial Presiden Jokowi. ©Setpres RI/Cahyo

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka. Seperti diketahui, Budi merupakan satu-satunya nama yang diajukan Presiden Joko Widodo ke Komisi III DPR RI sebagai orang nomor satu di korps Bhayangkara.

Terkait penetapan status tersangka terhadap calon Kapolri yang diajukannya, Jokowi sendiri menyatakan akan menunggu hasil rapat paripurna DPR sebelum mengambil keputusan terkait nasib pencalonan Budi selanjutnya. Sejumlah politikus mengatakan, jika Jokowi tetap melantik Budi Gunawan, maka akan mencoreng wajah Indonesia.

"Ini untuk pertama kalinya Presiden mengangkat seorang tersangka sebagai Kapolri," kata Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Benny K Harman saat membacakan pandangan Partai Demokrat dalam sidang paripurna di Gedung DPR Jakarta, Kamis (15/1).

Pilihan Jokowi mengajukan mantan Kapolda Bali tersebut sebagai calon Kapolri mendapat kritikan karena dianggap salah memilih orang. Pasalnya, saat nama Budi Gunawan dikabarkan diposisikan sebagai menteri, KPK sudah mengingatkan jika dia memiliki 'rapor merah' terkait rekeningnya.

Di media sosial,khususnya Twitter, hastag #ShameOnYouJokowi mulai ramai digunakan sejak Kamis (15/1) pagi. Netizen mendesak Jokowi membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Pak @jokowi_do2, saya salah satu pendukung Anda. Kalo Bapak tetap melantik BG, saya akan nyatakan: #ShameOnYouJokowi," tulis akun @sahaL_AS, Kamis (15/1)

"#ShameOnYouJokowi Semua juga tau kl BG bermasalah.e...malah di calonkan. Mana revolusimental mu? @jokowi_do2," cuit @azkaswords.

"Oh, sudah ada hesteg #ShameOnYouJokowi gara2 si Budi Gunawan? Oke, saya ikut :)" tulis @budisujatmiko.

"Sebagai Pendukung Bapak saya Kecewa dengan Bpk yang lebih memilih BG dan DPR dibanding KPK dan Janji Bpk. @jokowi_do2 #ShameOnYouJokowi," tulis @Dodolphi.

"Relawan melawan! Kami dukung KPK! Batalkan pelantikan BG sbg Kapolri! #ShameOnYouJOKOWI," cuit @rcktryd.

Sebelumnya, hastag #ShameOnYouJokowi sempat menjadi trending topic di Twitter saat Jokowi menaikkan harga BBM pada November 2014. Selain #ShameOnYouJokowi, saat itu sejumlah hastag yang menjadi trending di antaranya #Salam2Ribu, #KarenaBBM, #SPBU, #Rp8.500. [tts]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini