Buat warga Jakarta, catat lokasi ini dan saksikan Gerhana Bulan Total

Selasa, 30 Januari 2018 13:04 Reporter : Syifa Hanifah
Buat warga Jakarta, catat lokasi ini dan saksikan Gerhana Bulan Total Gerhana bulan. © Onsugar.com

Merdeka.com - Fenomena Gerhana Bulan Total akan terjadi pada Rabu 31 Januari besok. Khusus di Indonesia, masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini dapat pada Pukul 20.29,8 WIB; 21.29,8 WITA; dan 22.29,8 WIT.

Di Jakarta, pemprov sudah menyediakan lokasi agar masyarakat bisa menikmati gerhana bulan. Seperti Taman Ismail Marzuki, Tugu Monas, Setu Babakan, gedung Fatahillah, Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol. Khusus untuk lokasi di puncak Monas hanya dibatasi 500 orang.

"Jadi warga yang ingin menyaksikan dari tempat-tempat itu ini terbuka untuk umum dan kita berharap semoga langitnya nanti tidak mendung, tidak hujan di saat itu sehingga tidak mengganggu kegiatan," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/1).

Anies mengaku telah memerintahkan kepada Biro Pendidikan dan Mental Spiritual untuk memberi informasi kepada rumah-rumah ibadah untuk menyelenggarakan salat gerhana.

"Itu kita lakukan selama minggu lalu dan Alhamdulillah persiapannya sudah disiapkan. Dan fenomena gerhana ini terjadi bukan fenomena tahunan. Ini fenomena yang unik, kebetulan di Jakarta kita dapat kesempatan untuk menyaksikan, Insya Allah kita siapkan dan mari kita manfaatkan," ujarnya.

Dia bersama Sandiaga juga akan menyaksikan langsung, tapi untuk lokasinya dia belum bisa memastikan. Namun yang harus diingat saat gerhana bulan yakni pasang air laut. Untuk itu Pemprov sudah menyiapkan antisipasi dengan menyiapkan pompa-pompa air.

"Kita pastikan semua pompa pompa air di sana berfungsi dengan baik, warga juga diberitahu bahwa akan ada gerhana sehingga semua bisa mengantisipasi. Alarmnya udah dinyalain semuanya," jelas Anies. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Gerhana Bulan
  2. Anies Sandiaga
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini