BSSN Sebut Penelusuran Kebocoran Data BPJS Hanya Butuh Waktu Seminggu

Sabtu, 29 Mei 2021 15:05 Reporter : Supriatin
BSSN Sebut Penelusuran Kebocoran Data BPJS Hanya Butuh Waktu Seminggu BSSN. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Juru bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Anton Setiawan mengatakan penelusuran dugaan kebocoran data penduduk Indonesia di BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan membutuhkan waktu selama satu minggu. Penelusuran ini dilakukan buntut adanya penjualan data penduduk Indonesia oleh akun Kotz di Raid Forums.

"Secara teknis menurut saya harusnya dalam waktu satu minggu kita sudah bisa mengidentifikasi, biasanya," katanya dalam diskusi virtual, Sabtu (29/5).

Penelusuran dugaan kebocoran data penduduk di BPJS Kesehatan sendiri sudah lebih dari satu minggu. Namun, hingga kini, BPJS Kesehatan belum bisa memastikan apakah data yang dijual akun Kotz di Raid Forums berasal dari lembaganya.

"Belum, mereka masih berproses," ujarnya.

Anton kemudian menjelaskan sistem keamanan data di BPJS Kesehatan. Menurutnya, sebagian sistem keamanan data pada lembaga yang bertugas menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional itu sudah terverifikasi, namun sebagian lain belum.

Meskipun sebagian sistem keamanan data sudah terverifikasi, Anton menyebut, seharusnya BPJS Kesehatan tetap melakukan pengawasan ketat secara berkelanjutan. Hal ini untuk memastikan data peserta BPJS Kesehatan tetap aman.

"Misalnya gini, hari ini auditor datang ke rumah kita, 'oiya pintunya bagus rapi', kemudian auditornya setuju dapat sertifikasi. Kemudian jangan auditornya pergi, besok pintunya kita enggk kunci. Itu kan sama saja bohong," katanya.

Selain BPJS Kesehatan, menurut Anton, semua lembaga yang memegang kendali sistem elektronik harus mengawasi ketat keamanan data secara berkelanjutan. Pengawasan tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang, di antaranya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Jadi di samping sebagian sudah sertifikasi, kita juga menuntut adanya tata kelola berkelanjutan," pungkasnya. [bal]

Baca juga:
BSSN Sebut Pemilik Akun Penjual Data Penduduk Orang Luar BPJS Kesehatan
Isu Data Bocor, Menko PMK Jamin Pelayanan BPJS Kesehatan Tetap Aman
Kominfo Dorong RUU Perlindungan Data Pribadi Segera Disahkan
Dirut BPJS Kesehatan Tak Hadir Pemeriksaan Polisi Soal Kebocoran Data

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jual Beli Data Pribadi
  3. BSSN
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini