Bripka Seladi sering coba disuap dari uang, pulsa hingga rokok

Jumat, 20 Mei 2016 14:02 Reporter : Darmadi Sasongko
Bripka Seladi sering coba disuap dari uang, pulsa hingga rokok Bripka Seladi uji pemohon SIM. ©2016 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Sehari-hari Bripka Seladi (57) bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Kota Malang. Setiap pagi tugasnya menguji masyarakat yang mengurus SIM roda empat di Satpas Polresta Malang.

Pemohon yang menjalani ujian diminta mengendarai mobil operasional milik Samsat. Mereka harus bisa parkir dengan tepat di tempat yang tersedia.

Pemohon yang diuji tidak diperbolehkan merobohkan pembatas yang dipasang di beberapa titik. Masing-masing sisi diberi pembatas enam buah.

"Kamu ini memasang sabuk pengaman kok di leher. Harus dipasang yang benar," kata Seladi kepada Ponidi, salah satu peserta ujian SIM yang hanya meletakkan sabuk pengaman di pundak, Jumat (20/5).

Ponidi pun selanjutnya diminta memundurkan mobilnya, sebagaimana pemohon SIM yang lain. Dia dinyatakan lulus dan bisa mengikuti proses selanjutnya.

Sementara Slamet, pemohon SIM yang lain dinyatakan tidak lulus setelah beberapa kali menabrak pembatas. Setiap melakukan kesalahan, Seladi langsung memberikan evaluasi.

"Saya tegas, supaya di jalan itu disiplin. Supaya berhati-hati. Saya berusaha memberi contoh langsung. Bukan hanya omong saja. Kalau ndak lulus diulang. Di sini lho paling mudah sedunia, tesnya cuma parkir mundur," kata Seladi.

Seladi mengatakan, kalau dinyatakan tidak lulus diminta datang sendiri dan melarang mencari kenalan atau orang yang mengaku bisa membantu. Kalau lancar cuma membayar Rp 120 ribu.

Beberapa orang, kata Seladi, pernah berusaha memberi uang, pulsa, makanan atau rokok. Tetapi selama ini masih bisa ditolaknya. Dia mengaku belum pernah menerimanya.

"Saya tidak bisa dirayu (agar diluluskan), karena menyangkut di jalan raya. Kalau enggak bisa ya sudah bisa diulang lagi. Saya bukan munafik. Sudahlah mengikuti itu saja," katanya.

Ada yang mengulang sampai empat kali. Kemudian oleh Seladi dikasih contoh lagi dan diarahkan. Jika sudah benar-benar bisa, dengan kesalahan yang masih bisa ditolelir, akhirnya lulus.

[cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini