Brigjen Pol Yurod Saleh bantah diperiksa, KPK terus mengusut

Kamis, 28 Agustus 2014 18:10 Reporter : Putri Artika R
Brigjen Pol Yurod Saleh bantah diperiksa, KPK terus mengusut Yurod Saleh diperiksa KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Mantan Direktur Penyidikan KPK Brigjen Pol Yurod Saleh merampungkan pemeriksaannya di KPK terkait kasus dugaan korupsi Hambalang. Sebagaimana jadwal di Gedung KPK, hari ini Yurod diperiksa untuk tersangka Mahfud Suroso.

Namun saat keluar Gedung KPK, Yurod mengelak dirinya baru saja diperiksa penyidik KPK. Yurod berdalih kedatangannya ke KPK untuk berkomunikasi dengan pimpinan KPK.

"Nggak ada, saya hanya komunikasi biasa saja," ujarnya berkelit sambil menghindari wartawan, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/8).

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja membenarkan Yurod diperiksa dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Pihaknya pun akan mendalami keterangannya hari ini untuk pengembangan lebih lanjut.

"Itu pun akan didalami," singkat Adnan.

Adnan menyebut pemeriksaan mantan Direktur Penyidikan KPK ini membuktikan bahwa lembaganya tegas dalam memberantas korupsi dan tidak terpengaruh oleh siapapun.

"Menurut saya kita harus lebih tegas untuk menunjukkan KPK pun tidak dipengaruhi terhadap pengaruh sendiri," ujar Adnan.

Ini merupakan pemeriksaan kedua Yurod sejak resmi dikeluarkan dari KPK sebagai Direktur Penyidikan. Yurod dikembalikan ke instansi asalnya Polri pada tanggal 24 Februari 2012.

Diketahui, sewaktu menjadi Direktur Penyidikan, Yurod menangani sejumlah kasus besar, di antaranya kasus korupsi Hambalang atas tersangka M Nazaruddin dan kasus suap cek pelawat atas tersangka Nunun Nurbaetie.

KPK mengakui alasan pemulangan Yurod untuk menjaga independensi penanganan kasus-kasus yang tengah diusut pihaknya. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. KPK
  2. Kasus Hambalang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini