BPBD sebut banjir Riau karena kiriman dari Sumatera Barat

Jumat, 12 Februari 2016 01:44 Reporter : Abdullah Sani
BPBD sebut banjir Riau karena kiriman dari Sumatera Barat Ilustrasi Banjir. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Musibah Banjir yang melanda Provinsi Riau, khususnya tiga daerah saat ini diakibatkan tingginya curah hujan di hulu Sungai Kampar, Sungai Kuantan dan Sungai Rokan yang merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Artinya, Riau merupakan hilir dari sejumlah sungai dari provinsi tetangga tersebut.

"Banjir ini dampak air besar yang dikirim dari Provinsi Sumbar. Dikarena sesuai informasi BMKG tadi, curah hujan kita tidak terlalu tinggi. Maka yang terjadi adalah banjir kiriman dari Sumbar, karena Riau berada di hilirnya," sebut Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger di sela Rapat Koordinasi, Kamis (11/02) di Pekanbaru.

Dikatakan Edwar, rapat koordinasi ini, untuk menentukan langkah bersama dalam menangani persoalan banjir. "Artinya, akan menetapkan dan melakukan beberapa langkah penanganan sesegera mungkin dengan terus berkoordinasi lintas sektor," terangnya.

Dalam kegiatan Rakor ini juga menentukan langkah penanganan evakuasi korban banjir dan serta penetapan status tanggap darurat banjir di kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan Kuantan Singingi, sesuai kondisi terkini.

Dalam kegiatan Rakor tersebut, hadir dari pihak Basarnas, BMKG Pekanbaru, Danrem 031/ Wirabima, Danlanud Roesmin Nurjadin, juga diikuti perwakilan tiga kabupaten seperti Kampar, Rohul, dan Kuansing. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Pekanbaru
  4. Musim Hujan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini