Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Puan Soroti Program Deradikalisasi

Rabu, 13 November 2019 13:42 Reporter : Ahda Bayhaqi
Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Puan Soroti Program Deradikalisasi Puan Maharani. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan rasa prihatin terhadap peristiwa bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Puan menyarankan semua pihak melakukan antisipasi agar peristiwa demikian tidak kembali terjadi.

Puan meminta evaluasi kembali peran Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), kepolisian, hingga TNI dalam program deradikalisasi yang dijalankan pemerintah.

"Bagaimana peran dari apa namanya BNPT kemudian bagaimana peran kepolisian, TNI dan bukan hanya itu saja, bukan hanya aparat hukum saja, tapi masyarakat ini karena masuknya itu sudah ke wilayah umum," kata Puan, Rabu (13/11).

"Tentu saja, deradikalisasi ini kemudian harus kita evaluasi, ya ini sudah masuk ke itu ke individu-individu ini," ujar Puan.

1 dari 1 halaman

Masyarakat Harus Berperan Aktif

Selain itu, Puan mengungkapkan agar semua pihak tanpa terkecuali untuk melakukan antisipasi. Dia minta masyarakat ikut terlibat dalam pencegahan dengan melaporkan pihak yang mencurigakan.

"Ini karena itu harus ada antisipasi secara menyeluruh, jadi tidak bisa hanya, apa namanya, kepolisian saja tapi juga elemen masyarakat," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Puan mengatakan, saat ini serangan terorisme dilakukan di tempat yang dianggap aman. Misalnya, serangan saat ini di markas kepolisian.

"Karena sekarang ternyata ada indikasi bahwa hal itu dilakukan di tempat yang kemudian kita anggap itu aman. Nah ini yang menjadi satu hal yang harus kita antisipasi ke depannya," kata dia. [ded]

Baca juga:
Polisi Geledah Rumah Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan
Menko Mahfud Soal Ledakan Bom di Polrestabes Medan: Teroris Selalu Mau Nyolong
Bom Bunuh Diri di Medan, Polrestabes Bandung Geledah Barang Bawaan Pengunjung
Istana: Pelaku Terorisme akan Terus Dikejar, Ditangkap dan Diadili
Pascaledakan di Medan, Polda Metro Dijaga Anggota Bersenjata Laras Panjang

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini