BNPT sebut 16 WNI ditangkap di Turki berada di penampungan

Selasa, 17 Maret 2015 11:37 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
BNPT sebut 16 WNI ditangkap di Turki berada di penampungan Ilustrasi ISIS. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution mengatakan tim pemerintah sudah berkoordinasi dengan otoritas keamanan Turki terkait penangkapan 16 warga negara Indonesia beberapa waktu lalu. Saud mengatakan, 16 WNI saat ini ditempatkan di rumah penampungan sementara di Turki.

"Mereka ini sementara ditempatkan rumah penampungan sementara, kemudian sedang diupayakan proses pengembalian," kata Saud Usman di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (17/3).

Menurut Saud, ke-16 WNI kebanyakan perempuan dan anak-anak. Dugaan sementara rombongan itu ingin mengunjungi suaminya yang tengah berada di Suriah. "Kemudian mereka ini ingin mengunjungi suaminya di sana," katanya.

Namun, Saud tak bisa memastikan keterlibatan mereka dengan ISIS. Sebab untuk saat ini tim belum bisa melakukan komunikasi secara langsung.

"Kita belum tahu persis apakah terlibat ISIS atau tidak karena tim kita belum bisa menginterogasi mereka, jadi kita baru berdialog tim kita dengan petugas imigrasi Turki. Kita tunggu perkembangannya," ujar dia.

Mengenai rencana pengembalian ke tanah air, tim dari Indonesia masih mengupayakan hal tersebut dengan melakukan koordinasi dengan pemerintahan Turki.

"Tergantung bagaimana nanti koordinasi dengan pemerintahan Turki. Kita berupaya segera menyambut itu. Kita patuhi peraturan yang ada di sana," tandasnya.

Saud menambahkan, tim akan terus melakukan penyelidikan bagaimana mereka bisa sampai dan apa tujuannya ke sana termasuk siapa penyandang dana mereka.

"Apapun namanya kita lakukan penyelidikan dulu, khususnya untuk 16 WNI ini. Kita juga belum tahu persis bagaimana bisa sampai di sana, tujuannya apa. Kita tidak boleh berandai-andai ISIS," pungkas dia. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini