BNPT: Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bergerak Sendirian

Rabu, 7 Desember 2022 13:52 Reporter : Nur Habibie
BNPT: Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bergerak Sendirian Boy Rafli Amar. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, aksi pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat merupakan lone wolf. Lone wolf artinya seseorang yang beraksi sendirian tanpa dukungan dari organisasi terorisme.

"Sementara iya, itu sementara iya lone wolf. Tapi penyelidikannya adalah siapa yang membantu dia, gitu," kata Boy kepada wartawan, Rabu (7/12).

Menurutnya, peristiwa ini terjadi karena adanya kesempatan dari pelaku untuk melakukan aksi kejahatannya. Bukan karena kecolongan dari Korps Bhayangkara.

"Istilah kecolongan itu tidak pas ya, jadi kalau peristiwa seperti itu bukan kecolongan. Kalau kecolongan itu, mengambil barang milik orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa izin ya, itu nyolong," jelasnya.

"Tapi kalau seperti ini pelaku kejahatan selalu mencari kesempatan, selalu mencari. Jadi dia cari celah-celah kapan, jamnya. Jadi dia bisa jadi ketika semua kita sedang tertidur, kita tidak ada di tempat. Tapi dilihat ada simbol-simbol yang layak untuk diserang, dilakukan itu. Jadi, yang terpenting kita semua adalah waspada," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 08.30 WIB. Peristiwa terjadi saat Polsek Astana Anyar menggelar apel pagi.

Saat itu, seorang pria masuk dan mengacungkan pistol ke arah polisi. Tak lama kemudian, ledakan bom terjadi. Akibat peristiwa tersebut, satu anggota polisi meninggal dunia dan lebih dari lima orang luka-luka. Sementara pelaku tewas di tempat kejadian.

Polri memastikan situasi terkendali pasca peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat. Sejumlah tim dari Jihandak Satbrimob hingga Densus 88 Antiteror Polri telah tiba di lokasi kejadian.

"Disampaikan kepada masyarakat bahwa situasi hingga saat ini terkendali dan masyarakat agar tetap tenang," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (7/12).

Menurut Ahmad, sejumlah langkah telah diambil antara lain mengamankan lokasi dengan melakukan sterilisasi, olah TKP di lokasi kejadian dan sekitarnya, serta mengumpulkan keterangan dari para saksi dan penyelidikan lainnya.

"Polri bekerja dengan cepat dan mengedepankan profesionalitas," kata Ahmad. [tin]

Baca juga:
Dua Bom di Kantor Polsek Astana Anyar Berisi Paku, Total 11 Orang Jadi Korban
Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Kepala BNPT: Kita Perlu Waktu Identifikasi
KSP Duga Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Jaringan Terorisme Lama
Kondisi Korban Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung
DPR Minta Polri Cari Aktor Intelektual Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini