BNPT: Jangan Sampai Berkuasanya Taliban Jadi Role Model Aksi Kekerasan

Rabu, 15 September 2021 14:57 Reporter : Ahda Bayhaqi
BNPT: Jangan Sampai Berkuasanya Taliban Jadi Role Model Aksi Kekerasan Kepala BNPT Boy Rafli Amar. ©istimewa

Merdeka.com - Taliban kembali menjadi penguasa Afghanistan. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pihaknya mengambil sikap melakukan pencegahan di Indonesia.

"Dalam hal ini kami lebih sifat tentunya untuk pencegahan, untuk melihat bahwa Taliban sebagai entitas yang melakukan kegiatan aksi kekerasan dan kemudian itulah yang ditunjukan selama peristiwa pemerintahan pasca Taliban mereka terlibat dalam berbagai aksi teror, bom bunuh diri dan sebagainya," ujar Boy saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (15/9).

Menurut Boy, konstelasi keamanan geopolitik akan berubah dengan Taliban kembali berkuasa. Boy mengharapkan masyarakat Indonesia tidak menjadikan Taliban menjadi sebuah role model. Terutama dalam hal aksi kekerasan yang kerap dilakukan Taliban.

"Kami melihat, jangan sampai dengan kembalinya Taliban ke tampuk pemerintahan ini mendapatkan menjadikan role model bagi masyarakat. Yang kami maksud adalah aksi-aksi kekerasannya," ujar Boy.

Boy mengatakan, bangsa Indonesia sudah memiliki konstitusi dan ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Ia meminta masyarakat tidak memilih perjuangan yang salah dengan mengikuti jalan kekerasan seperti Taliban.

Ia meminta masyarakat tidak terpancing dengan kembalinya Taliban. BNPT melakukan antisipasi supaya model kekerasan yang ditampilkan oleh Taliban tidak dicontoh. Karena kekerasan merupakan karakter dari terorisme.

"Kami hanya mengimbau untuk kita tidak terpancing dengan kondisi seperti ini dan tetaplah kita setia dengan jati diri yang kita miliki," ucapnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini