BNPB Sebut Hanya Hujan yang Bisa Padamkan Karhutla

Senin, 23 September 2019 15:28 Reporter : Merdeka
BNPB Sebut Hanya Hujan yang Bisa Padamkan Karhutla Ilustrasi kebakaran hutan. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, pemerintah mengerahkan ribuan personel untuk menangani Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah Indonesia. Sejauh ini, dia mengungkapkan, kegiatan dengan penanganan heli water booming tidak begitu efektif.

Doni menerangkan, sebanyak 50 ribu orang disebar ke enam provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan, Kalimantan Selatan.

"Belum lagi, sejumlah relawan yang secara kelompok ikut terlibat tapi tidak sempat melapor ke pimpinan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," katanya di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur Senin, (23/9).

Dia menjelaskan, pemerintah juga telah melibatkan 48 unit helikopter yang dibagi ke enam provinsi. Mereka melakukan berbagai upaya. Diantaranya yakni Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), dan water booming. Kendati, water booming kurang efektif memadamkan titik api.

"Banyak lahan-lahan yang sudah disiram menggunakan helikopter water booming namun secara keseluruhan apinya belum padam," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapan BNPB Bernadus Wisnu Wijaya mengatakan, 4 daerah masih terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), secara masif. Beberapa upaya pemadaman telah dilakukan, pembuatan hujan buatan, melalui jalur udara maupun pemadaman menggunakan operasi darat.

"Kalau kita lihat masih ada 4 titik yang saat ini krusial. Yakni Jambi, kemudian Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah cukup tinggi. Ditambah Pulau Riau," katanya di Kemenkominfo, Jakarta, Senin (23/9).

Meski demikian, dia mengungkapkan, upaya yang telah dilakukan masih belum optimal untuk mengatasi Karhutla. Wisnu menilai, kebakaran tersebut akan bisa padam total dengan hujan alami.

"Dengan skala kekeringan dan kebakaran hutan yang luas ini, hanya dengan hujan, baru bisa padam total," ungkapnya.

Wisnu yakin musim penghujan akan segera datang. Melihat di beberapa wilayah sudah hujan. Dia berharap, hujan bisa terus bergerak, dan mengarah ke wilayah-wilayah yang masih mengalami Karhutla.

"Saat ini sudah ada spot-spot awan-awan hujan, karena tanpa awan hujan tak mungkin kita buat hujan buatan. Dan saat ini ditengarai di utara sudah mulai hujan. Bahkan di Aceh sudah ada yang banjir, di Aceh Selatan," tutupnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra & Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini