BNPB ingatkan bantuan untuk pengungsi Gunung Kelud akan diaudit

Minggu, 16 Februari 2014 19:30 Reporter : Imam Mubarok
BNPB ingatkan bantuan untuk pengungsi Gunung Kelud akan diaudit Gunung Kelud meletus. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan kepada petugas yang menangani logistik agar berhati-hati. Peringatan tersebut menyusul akan adanya audit yang akan dilakukan BPNP agar tidak terjadi penyelewengan.

"Petugas yang ditugasi mengkoordinir logistik yang datang dengan baik. Apakah uang atau barang itu akan diaudit. Sehingga harus didata dengan teliti dan diserahkan," ujar Kepala BNPB Dr. Syamsul Ma'arif di Posko Penanganan Bencana milik TNI di Lapangan Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2).

Syamsul, yang juga warga asli Gurah, Kabupaten Kediri ini, menjelaskan jumlah logistik untuk para korban selalu dinamis. "Terkadang kurang dan terkadang berlebih. Oleh karena itu perlu adanya koordinasi antar posko, sehingga bantuan bisa merata," ujarnya.

Selain melakukan audit, BNPB juga memantau di sejumlah posko pengungsian terkait kebutuhan logistik. Temuan yang kurang antara lain pemenuhan air bersih dan sanitasi. Kekurangan ini langsung direkomendasikan kepada Dinas Pekerjaan Umum.

Sekadar diketahui, pusat penyerahan bantuan untuk para korban erupsi Gunung Kelud dipusatkan di Posko Utama di Convention Hall Monumen Simpang Lima (SLG) Kabupaten Kediri.

Sebelum didistribusikan bantuan-bantuan tersebut didata dan selanjutnya didistribusikan. Namun dari pantauan merdeka.com, banyak juga para dermawan yang menyerahkan bantuanya langsung kepada para pengungsi. [mtf]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini