BNPB Imbau Warga Aceh dan Sumut Waspada Banjir Kategori Sedang Hingga Tinggi

Kamis, 21 Januari 2021 16:10 Reporter : Merdeka
BNPB Imbau Warga Aceh dan Sumut Waspada Banjir Kategori Sedang Hingga Tinggi banjir di aceh besar. ©2016 Merdeka.com/afif

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca siaga terpantau di wilayah Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Kesiapsiagaan sudah harus dilakukan guna mencegah potensi banjir.

Potensi tersebut mengacu pada prakiraan cuaca yang terpantau oleh BMKG. Kondisi ini berlaku pada 22 Januari 2021, pukul 07.00 WIB sampai dengan 23 Januari 2021, pukul 07.00 WIB.

BNPB juga menyarankan masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan bahaya hidrometeorologi, seperti banjir dan banjir bandang.

"Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 23 wilayah administrasi setingkat kabupaten dan kota di Provinsi Aceh teridentifikasi berpotensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi, dan 20 wilayah berpotensi banjir bandang," kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangannya, Kamis (21/1).

"Aplikasi Info BMKG, pada 23 Januari 2021, prakiraan curah hujan di Aceh Timur terjadi hujan ringan hingga lebat," imbuh Raditya.

Sementara wilayah Sumatera Utara, sebanyak 33 wilayah administrasi kabupaten dan kota berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. 30 wilayah lain masuk dalam kategori banjir bandang.

Selain kedua provinsi tersebut, Raditya menambahkan, BMKG juga merilis provinsi dengan tingkat waspada terhadap potensi dampak banjir dan banjir bandang berdasarkan analisis prakiraan cuaca.

Berikut wilayah provinsi berstatus waspada tersebut: yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Reporter: M Radityo [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini