BMKG Sudah Ingatkan Pemprov Jakarta Terkait Kewaspadaan Hujan Ekstrim

Selasa, 25 Februari 2020 16:02 Reporter : Merdeka
BMKG Sudah Ingatkan Pemprov Jakarta Terkait Kewaspadaan Hujan Ekstrim Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. ©2020 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Banjir yang terjadi hari ini, khususnya di Jakarta, lantaran hujan ekstrim yang dipengaruhi gejala alam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, hal ini sudah disampaikan ke pemerintah daerah, terlebih Pemprov DKI.

"Sudah menyampaikan hasil ini dalam pertemuan khusus, sudah ada. Jadi betul sudah disampaikan dalam koordinasi khusus tentang trend untuk kondisi ekstrim yang semakin meningkat dan intensitasnya semakin tinggi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, di kantornya, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dia mengklaim, sudah melihat adanya langkah-langkah yang diambil oleh Pemprov, setelah menyampaikan informasi tersebut.

"Dan upaya lanjut dari penyampaian tersebut sudah ada langkah-langkah juga. Misalnya pengendalian pompa, juga upaya untuk penghijauan, kan gencar sekali kan," ungkap Dwikorita.

Dia pun menyampaikan potensi hujan sedang hingga lebat masih bisa terjadi. "Dari 25 Februari sampai 1 Maret 2020," tutur Dwikorita.

Selain di DKI, secara umum dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini