BMKG Prediksi Siklon Tropis Seroja Melemah dan Menjauhi RI pada 7 April

Selasa, 6 April 2021 20:09 Reporter : Supriatin
BMKG Prediksi Siklon Tropis Seroja Melemah dan Menjauhi RI pada 7 April Siklon Tropis Seroja. ©ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi siklon tropis Seroja mulai melemah dan menjauhi Indonesia hari ini. Siklon tropis memicu bencana alam berupa banjir dan angin kencang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Diprediksi tanggal 6 semakin melemah karena jaraknya semakin jauh. Meskipun hari ini kekuatannya semakin meningkat, sebelumnya hanya 35 km per jam, hari ini bisa mencapai 85 km per jam," jelas Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Selasa (6/4).

Kemampuan siklon tropis akan semakin melemah pada 7 April 2021. Sebab, siklon tropis semakin menjauh dari Indonesia dan mulai memasuki Australia.

"Tanggal 7 semakin melemah dan diharapkan akan punah nanti memasuki wilayah Australia atau barat Australia," jelasnya.

Dwikorita menyebut, bibit siklon tropis terdeteksi di Laut Sawu, NTT pada 2 April 2021. Proses pembentukan dari bibit menjadi siklon tropis membutuhkan waktu tiga hari. Hingga pada 5 April 2021 sekitar pukul 01.00, bibit tersebut terbentuk menjadi siklon tropis.

"Menjadi siklon tropis tanggal 5 April dini hari sekitar pukul 01.00. Jadi kami prediksi mulai tanggal 6 melemah," ujarnya.

Sebagai informasi, banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di NTT dampak siklon tropis Seroja mengakibatkan 86 orang meninggal dunia dan 98 masih hilang. Sementara itu, 146 orang mengalami luka-luka dan 2.683 jiwa terdampak.

Terdapat juga kerugian material akibat banjir bandang dan tanah longsor di NTT. Yakni 1.992 rumah terdampak, 498 rumah rusak berat (RB), 133 rumah rusak sedang (RS) dan 109 rumah rusak ringan (RR).

"Tercatat ada 84 fasilitas umum (fasum) terdampak, 1 fasum RR dan 44 fasum rusak berat," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.

Raditya menyebut, bencana alam dampak siklon tropis Seroja menimpa 11 kabupaten dan kota di NTT. Rinciannya, Kabupaten Flores Timur, Malaka, Lembata, Ngada, Alor, Sumba Timur, Sabu Raijua, Rote Ndao, Timor Tengah Selatan, Ende dan Kota Kupang. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini