BMKG Perkirakan Hujan Bakal Guyur Wilayah Sumsel 4 Hari Lagi

Kamis, 19 September 2019 13:24 Reporter : Irwanto
BMKG Perkirakan Hujan Bakal Guyur Wilayah Sumsel 4 Hari Lagi Kabut asap di Pekanbaru. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan bakal mengguyur wilayah Sumatera Selatan beberapa hari lagi. Hujan diharapkan dapat memadamkan kebakaran hutan dan lahan di provinsi itu.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Bambang Beny Setiaji mengatakan, potensi hujan terjadi dalam rentang perkiraan 23-24 September 2019. Pada 23 September 2019 peluang hujan 20-40 persen untuk Sumsel bagian tengah dan timur dan 40-80 persen untuk Sumsel bagian barat untuk peluang hujan minimal 10 mm.

Sementara pada 24 September 2019, peluang hujan 40-80 persen diperkirakan bakal mengguyur seluruh wilayah Sumsel dengan peluang hujan minimal 10 mm.

"Berdasarkan model prakiraan cuaca BMKG, ada potensi hujan selama dua hari itu," ungkap Bambang, Kamis (19/9).

Menurut dia, potensi hujan itu disebabkan matahari tengah menuju equator dan pada 30 September tahun berada di atas garis equator atau khatulistiwa. Namun, musim hujan baru dimulai pertengahan atau akhir bulan depan.

"Kita berdoa saja mudah-mudahan labilitasnya baik," kata dia.

Dalam kondisi asap pekat saat ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak bertransportasi pada pagi hari (04.00-07.00 WIB) dan sore hari (17.00-19.00 WIB). Hal ini seiring potensi menurunnya jarak pandang yang membahayakan keselamatan pengendara.

"Kami anjurkan masyarakat yang muslim menggelar salat Istisqa dan agama lain bisa berdoa sesuai ibadah masing-masing. Kita semua berharap hujan segera turun agar tidak ada lagi kebakaran," pungkasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini