BMKG Pastikan Alat Warning Tsunami Berfungsi dengan Baik

Jumat, 4 Juni 2021 12:23 Reporter : Intan Umbari Prihatin
BMKG Pastikan Alat Warning Tsunami Berfungsi dengan Baik gempa. bolius.dk

Merdeka.com - Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan skenario terburuk gempa bumi dan tsunami di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Khusus gempa bumi, diprediksi akan terjadi hingga magnitudo 8,7, sedangkan tsunami bisa mencapai genangan setinggi 30 meter.

Sejumlah mitigasi telah dipersiapkan. Termasuk memastikan alat peringatan tsunami berfungsi dengan baik dan memasang banyak sensor gempa di wilayah Jawa Timur.

"BMKG sudah memasang banyak sensor gempa di Jawa Timur. Supaya info dan warning tsunami dapat dengan cepat terdiseminasi. Sehingga memberi manfaat untuk selamatkan masyarakat pesisir," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada merdeka.com, Jumat (4/6).

Dia mengatakan, saat ini kesiapan seluruh alat peringatan. Anggaran pun, kata dia, sudah dialokasi untuk pemeliharaan alat warning tsunami tersebut.

"Semua baik dan ada anggaran pemeliharaannya. Setiap ada kerusakan dilaporkan atau kita punya sistem monitoring alat tersebut," bebernya.

Sebelumnya diketahui Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan skenario terburuk gempa bumi dan tsunami di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Khusus gempa bumi, diprediksi akan terjadi hingga magnitudo 8,7, sedangkan tsunami bisa mencapai genangan setinggi 30 meter.

Pemetaan skenario terburuk ini berdasarkan hasil evaluasi terhadap beberapa klaster di wilayah Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan, terjadi peningkatan kejadian gempa, terutama di lepas pantai selatan Jawa Timur, selatan Selat Sunda, selatan Jawa Barat, selatan Jawa Tengah serta sebelah barat kepulauan Mentawai.

"Nah sehingga kami menyusuri pantai mulai Jatim sampai Selat Sunda mengecek yang kami khawatirkan dari catatan sejarah gempa-gempa yang kekuatannya di atas M 7,0 diprediksi skenario terburuk kekuatannya M 8,7. Kekuatan M 8,7 ini bisa membangkit tsunami," katanya dalam webinar Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat (28/5). [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BMKG
  3. Gempa
  4. Tsunami
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini