Bintang kejora, alasan polisi jaga asrama mahasiswa Papua di Yogya

Jumat, 15 Juli 2016 23:20 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya
Bintang kejora, alasan polisi jaga asrama mahasiswa Papua di Yogya Polisi kepung mahasiswa Papua di Yogyakarta. ©facebook.com/dodok jogja

Merdeka.com - Puluhan polisi mengepung asrama mahasiswa asal Papua, di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi demonstrasi peringatan hari Papua Merdeka yang hendak dilakukan para mahasiswa.

Kabid Humas Polda DIY Ani Pudjiastuti mengatakan, para mahasiswa ingin mengibarkan bendera bintang kejora. Hal ini jelas melanggar aturan.

"Mereka mau mengibarkan bendera bintang kejora, dan kegiatan itu kan mengandung kerawanan. Oleh karena itu, mereka tidak diizinkan untuk melaksanakan hal tersebut," ujar Ani saat dihubungi merdeka.com, Jumat (15/7).

Selain itu, Ani juga mengatakan, sikap aparat yang menjaga asrama mahasiswa Papua itu sejak kemarin, dikarenakan ada reaksi kontra dari sejumlah ormas kedaerahan asal Yogya.

Puluhan orang dari ormas tersebut diketahui merasa tidak suka dengan unjuk rasa dan pengibaran bendera bintang kejora, yang dilakukan oleh para mahasiswa asal Papua tersebut.

"Masih mengamankan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mereka masih di dalam asrama karena ada ormas-ormas yang tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan," ujarnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini