Bikin Onar di Sabang, WN Australia Dideportasi

Jumat, 2 Desember 2022 11:03 Reporter : Alfath Asmunda
Bikin Onar di Sabang, WN Australia Dideportasi WN Australia dideportasi dari Sabang karena bikin onar. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Seorang warga negara asing (WNA) asal Australia dideportasi dari Imigrasi Kelas II Sabang. Pria berinisial DCA itu dikeluarkan paksa dari Indonesia karena membuat onar dan meresahkan warga di Sabang.

"Izin tinggalnya pun sudah sudah overstay, berlaku sampai 13 Oktober 2022 lalu," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Hanton Hazali, Jumat (2/12).

Hanton menyebut, DCA membuat onar dengan melakukan tindak pidana perusakan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 406 ayat (1) KUHP. Dia melakukan kegiatan berbahaya serta mengganggu keamanan dan ketertiban umum di masyarakat.

2 dari 2 halaman

Ditahan Tiga Hari

Sesuai Undang-Undangan RI Nomor 6 tentang Keimigrasian, DCA harus mendapat tindakan pendeportasian yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP) dan berita acara pendapat (Bapen) untuk kelengkapan administrasi.

Berdasarkan surat keputusan dan surat perintah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, DCA terhitung sejak Senin (28/11) lalu telah ditetapkan sebagai deteni dan ditahan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang selama tiga hari.

"Dia kita deportasi melalui Bandara Sultan Iskandar Muda menuju Bandara Soekarno Hatta, dengan tujuan Sydney Australia," jelasnya.

Hanton mengimbau tim pengawasan orang asing (Pora) di Sabang untuk terus mengawasi setiap aktivitas dari keberadaan orang asing di Sabang. "Agar kejadian serupa tidak kembali terjadi di kemudian hari," kata Hanton.

Sepanjang 2022, Imigrasi Sabang telah mendeportasi dua warga negara asing karena melakukan pelanggaran. Pada Juli lalu mereka mendeportasi WNA berinisial R asal Malaysia.

Baca juga:
Bebas dari Penjara di Bali, Bule Polandia Pelaku Skimming Dideportasi dan Ditangkal
Masuk Indonesia Secara Ilegal untuk Melayat, Tiga WN Timor Leste Dideportasi
Hina Petugas Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, Dua WNA Dideportasi dan Dicekal
Kerap Makan Nasi Padang Tanpa Bayar dan Mengemis di Bali, WN India Dideportasi
Langgar Aturan Imigrasi, Sembilan WNA di Pekanbaru Bakal Dideportasi
Mantan Marinir Jerman Dideportasi dari Bali, Ini Penyebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini