Bikin Mata Pedih, Ini Kandungan Gas Air Mata yang Dipakai Buat Bubarkan Demonstrasi

Rabu, 2 Oktober 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Bikin Mata Pedih, Ini Kandungan Gas Air Mata yang Dipakai Buat Bubarkan Demonstrasi demo siswa bentrok dengan polisi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Gas air mata menjadi senjata andalan petugas kepolisian untuk menghalau dan membubarkan para demonstran. Apalagi saat demonstrasi berujung ricuh dan sulit dikendalikan, polisi pasti menggunakan gas air mata buat memecah konsentrasi dan membubarkan massa.

Biasanya gas air mata berbentuk kaleng, kemudian ditembakkan ke udara. Dalam satu kaleng gas air mata terkandung banyak zat yang bisa berefek pada mata hingga pernapasan.

Berikut kandungan-kandungan gas air mata yang bisa mengakibatkan mata pedih hingga berefek lama:

1 dari 3 halaman

Apa Itu Gas Air Mata?

Gas air mata atau biasa disebut lacrimator, salah satu bagian dari kelompok zat yang bisa membuat iritasi selaput lendir mata. Efeknya mengakibatkan sensasi menyengat dan mengeluarkan air mata.

Gas air mata juga dapat mengiritasi saluran pernapasan bagian atas, batuk, tersedak, dan membuat tubuh sedikit lemah.

Gas air mata pertama kali digunakan dalam Perang Dunia I dalam perang kimia, tetapi karena efeknya jangka pendek dan jarang melumpuhkan, gas itu mulai digunakan oleh lembaga penegak hukum sebagai sarana untuk membubarkan massa, melumpuhkan perusuh, dan membasmi tersangka bersenjata tanpa penggunaan kekuatan yang mematikan.

2 dari 3 halaman

Kandungan Gas Air Mata yang Membuat Mata Pedih

Tak seperti namanya, gas air mata ternyata berbentuk cairan atau padatan yang disemprotkan ke udara. Kemudian semprotan itu berubah menjadi halus.

Ada dua jenis gas air mata yang biasa digunakan, yaitu chloroacetophenone, atau CN, dan o-chlorobenzylidenemalononitrile, atau CS.

Untuk CN, komponen utamanya dari aerosol Mace dan banyak digunakan untuk mengendalikan kerusuhan. Biasanya paling berpengaruh pada mata. Sedangkan CS, pengaruhnya lebih kuat. Bisa mengakibatkan sensasi terbakar di daerah mata hingga pengaruhi saluran pernapasan.

Meski begitu efek CS lebih cepat hilang setelah hanya 5 hingga 10 menit menghirup udara segar. Selain itu, ada senyawa lain yang terkandung dalam satu kaleng gas air mata, seperti arang, Kalium Nitrat, Silikon, sukrosa, potasium klorat, dan magnesium karbonat.

3 dari 3 halaman

Cara Melindungi Diri dari Gas Air Mata

Beberapa barang disarankan bisa melindungi diri dari pedihnya gas air mata. Barang-barang tersebut, seperti menggunakan kacamata renang. Agar tidak berisiko sesak napas, bisa menggunakan kain atau handuk kecil yang direndam jus lemon atau cuka, dan simpan dalam sebuah kantong plastik. Anda dapat bernapas melalui kain yang diasamkan tersebut selama beberapa menit untuk memberikan tambahan waktu melarikan diri. [dan]

Baca juga:
Aksi Damai Mahasiswa Jadi Tontonan Warga
Tampilkan Aksi Teatrikal, Unjuk Rasa Mahasiswa di Depan Gedung DPR Berakhir Damai
Terkena Lemparan Batu Saat Amankan Demo, 7 Polisi di Solo Dapat Penghargaan
Ketika Mahasiswa dan Brimob Foto Bareng
Dana Asing Rp 472 Miliar Kabur dari RI Gara-Gara Banyak Demo

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini