Bibit Samad sebut Ambon & Merauke paling parah penggunaan dana desanya

Jumat, 9 Februari 2018 07:29 Reporter : Mardani
Bibit Samad sebut Ambon & Merauke paling parah penggunaan dana desanya Disukusi polemik KPK vs Polri. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa, Bibit Samad Riyanto meminta pemerintah desa membuat perencanaan penggunaan dana desa yang sasaran utamanya adalah masalah kemiskinan. Menurutnya, masalah kemiskinan harus jadi sasaran utama penggunaan dana desa, karena bantuan dana desa untuk pembangunan dan menyejahterahkan masyarakat.

"Dalam menganalisa perencanaan penggunaan dana desa (DD), pemerintah desa harus mengetahui permasalahannya dan sekaligus potensi di desanya," katanya dilansir Antara, Jumat (9/2).

Mantan Wakil Ketua KPK ini mengatakan Satgas Dana Desa juga ikut melakukan asistensi ke daerah-daerah yang penggunaan dana desanya terkena OTT atau Operasi Tangkap Tangan KPK. Sejak dirinya dilantik oleh Presiden menjadi Satgas Dana Desa sudah ada puluhan laporan yang masuk, dan Satgas biasanya langsung terjun ke daerah yang penggunaan dana desanya mencuat.

"Untuk Situbondo masih belum mendalami penggunaan dana desanya. Di Indonesia ada dua kabupaten paling parah penggunaan dana desanya, sehingga tak bisa mencairkan dana desa termin kedua, yaitu Ambon dan Merauke," katanya.

Kendati demikian, Samad mengaku banyak menemukan penggunaan dana desa cukup bagus, dan ada berbagai kegiatan inovasi di desa untuk mengembangkan potensi di desanya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini