Besok, SBY bakal orasi ilmiah di Unpad

Kamis, 10 September 2015 23:02 Reporter : Marselinus Gual
Besok, SBY bakal orasi ilmiah di Unpad SBY hadiri Rapimnas IMDI. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan hadir dalam puncak peringatan Dies Natalis ke-58 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, di Gedung Graha Sanusi Hardjadinata, Kota Bandung, Jumat (11/9) besok. Mantan Presiden RI ke-6 ini rencananya akan memberikan orasi ilmiah dengan judul 'Reorientasi Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia Merespon Perkembangan GlobaL'.

Menurut Kepala UPT Humas Unpad Soni A. Nulhaqim, tujuan Unpad menghadirkan SBY yang juga menjabat sebagai Chairman Chairman Global Green Growth Institute (GGGI) ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pandangan para pemerhati pembangunan termasuk penentu dan pengambil kebijakan dari kalangan legislatif dan eksekutif, peneliti, masyarakat umum, dan sektor swasta, tentang pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Peserta yang diundang pada Orasi Ilmiah ini terdiri dari perwakilan pemerintah pusat dan daerah, kalangan swasta, lembaga non pemerintah, kalangan internal Universitas Padjadjaran, dan undangan khusus," kata Sony di Bandung, seperti dikutip Antara, Kamis (10/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai salah satu negara berkembang yang diperhitungkan oleh negara-negara di dunia, Indonesia telah menyatakan komitmennya untuk melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan. Komitmen ini dimanifestasikan dalam Agenda 21 Indonesia yang menjadi acuan dalam menyusun kebijakan dan implementasi pembangunan di Indonesia.

"Indonesia meyakini bahwa implementasi Pembangunan Berkelanjutan tidak akan membuat pertumbuhan ekonomi nasional tertinggal dibandingkan dengan negara-negara maju. Oleh karena itu, pengarusutamaan (mainstreaming) konsep Pembangunan Berkelanjutan telah mewarnai rencana pembangunan jangka panjang Indonesia dalam hampir satu dekade ini," papar dia.

Ditambahkannya, komitmen Indonesia dalam melaksanakan Pembangunan Berkelanjutan telah mendapatkan pengakuan dunia dengan dipilihnya SBY sebagai Chairman Global Green Growth Institute (GGGI) pada September 2014. Selain itu, SBY juga dipercaya untuk mengetuai lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa yang berkedudukan di Seoul Korea Selatan ini dengan misi utama mendukung dan mendorong pembangunan dengan menerapkan model baru yang dikenal sebagai 'green growth'.

"Melalui model ini, negara-negara di dunia diharapkan dapat membangun ekonomi nasionalnya agar tumbuh kuat, efisien, dan berkelanjutan dalam menggunakan sumber daya alamnya sebagai modal pembangunan," pungkas dia. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini