Besok, Ridwan Kamil Jalani Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac

Senin, 24 Agustus 2020 20:03 Reporter : Aksara Bebey
Besok, Ridwan Kamil Jalani Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac Ridwan Kamil melayat Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dijadwalkan mengikuti prosedur uji klinis calon vaksin Covid-19 asal perusahaan China, Sinovac di Kota Bandung, Selasa (24/8). Meski ada rasa was was, dalam sepekan terakhir ia menjaga kebugaran agar fisiknya siap.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku merutinkan olahraga dan menjaga pola makan serta tidur cukup. Selain itu, ia fokus pada literasi mengenai uji klinis vaksin yang akan ia lakukan.

"Ada sekian persen rasa was-was yang masuk akal. Tapi karena sudah dua jam dikuliahi oleh Prof Kusnandi sehingga semua kewas-wasan karena tidak mengetahui ilmunya menjadi lebih tenang. Sehingga sekarang tidak was-was tapi lebih pada persiapan fisik supaya pas dilakukan kondisinya prima," kata dia, Senin (24/8).

Ia mengakui bahwa keikutsertaannya menjadi relawan uji klinis memiliki risiko. Namun, ia menyebut bahwa langkahnya ini sangat relevan diambil di tengah kekhawatiran masyarakat yang dijejali banyak informasi yang tidak valid.

"Nasihat dari ibu saya, kalau ada rebutan rezeki rakyat di depan pemimpin belakangan. Kalau ada ramai kekhawatiran sebaliknya pemimpin yang di depan duluan baru rakyat belakangan," kata dia.

"Kemarin kalau saya tidak melakukan keputusan itu saya khawatir berkepanjangan spekulasi, berita bohong, hoaks, bahwa rakyat dikorbankan jadi kelinci percobaan. Justru kalau begini agak reda, saya menjadi saksi kalau berhasil, kalau gagal seperti apa," ia melanjutkan.

Ia menegaskan, penanganan pandemi ini diibaratkan dengan perang. Semua harus terlibat untuk menjadi bagian solusi. Uji klinis pun dianalogikan sebagai pengetesan senjata untuk melawan musuh.

"Kalau gak dites gimana, kita akan hidup di dalam ketidakpastian. Harus disyukuri ternyata Indonesia bisa memproduksi sendiri. Jadi kita gak beli barang jadi yang nanti dipermainkan segala rupa. Tapi kita memproduksi yang pabriknya ada di Jabar," kata dia.

Baca Selanjutnya: Selain Ridwan Kamil para pejabat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini