Besok, Panglima TNI-Kabasarnas Tinjau Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar

Jumat, 15 Januari 2021 18:36 Reporter : Merdeka
Besok, Panglima TNI-Kabasarnas Tinjau Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar Kabasarnas ikut pencarian Sriwijaya Air SJ-182. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Panglima TNI bersama Kepala Basarnas akan bertolak ke Kalimantan Selatan serta Mamuju, Sulawesi Barat, pada Sabtu (16/1). Kepala Basarnas, Marsdya Bagus Puruhito mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Menteri Sosial, Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kabasarnas memantau proses evakuasi korban Gempa bumi di Mamuju dan Banjir di Kalimantan Selatan.

Dia menyampaikan, Menteri Sosial dan BNPB lebih dahulu tiba di Mamuju Sulawesi Barat pada Jumat (15/1). Sementara, dia bersama Panglima TNI baru akan berangkat pada esok hari.

"Presiden sudah memerintahkan Kepala BNBP dan Mensos ke Mamuju dan besok Panglima TNI dan saya diperintahkan ke Kalimantan Selatan dan Mamuju," kata Bagus International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Jumat (15/1).

Bagus mengatakan, pihaknya membawa peralatan SAR seperti perahu karet dan alat ekstrikasi untuk mempermudah proses evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan material bangunan. Bagus menyebut telah menyiapkan 10 unit alat ekstrikasi.

"Kami bawa alat-alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan operasi SAR. Alat ekstrikasi untuk mengevakuasi korban dalam reruntuhan ada 10 set," ujar dia.

Bagus menerangkan, operasi SAR di Mamuju masih berlangsung. Basarnas dari Balikpapan bersama pihak-pihak terkait tengah melakukan pencarian terhadap para korban yang diduga tertimpa reruntuhan.

"Mudah-mudahan operasi SAR berjalan lancar," tandas dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini