Besok, Komisi VIII Rapat Bareng Ormas Bahas RUU Pesantren

Senin, 26 Agustus 2019 14:23 Reporter : Sania Mashabi
Besok, Komisi VIII Rapat Bareng Ormas Bahas RUU Pesantren Ilustrasi

Merdeka.com - Komisi VIII DPR telah menggelar rapat dengar pendapat dengan beberapa pimpinan pondok pesantren di Indonesia terkait pada Senin (26/8) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Agama di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Setelah menggelar rapat ini, Komisi VIII akan mengundang organisasi masyarakat (Ormas) Selasa (27/8).

"Kemudian tentu kita mengundang ormas-ormas Islam," kata Marwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/8).

Marwan menjelaskan maksud diundangnya Ormas terkait RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan ini. Salah satunya untuk didengar apakah pasal-pasal tersebut sudah sesuai dengan keinginan rakyat.

"Kenapa mengundang Ormas Islam selain pesantren ini berada dipayung itu Sebagian pesantren dimiliki oleh Ormas Islam sendiri karena itu kita mengundang mereka untuk bertanya diantara pasal-pasal ini ada engga yang kurang. Atau ada engga yang berlebih," ungkapnya.

Dia juga menegaskan, RUU ini akan segera selesai dibahas paling lambat akhir September mendatang. Tepatnya sebelum masa jabatan DPR periode 2014-2019 habis.

"Sementara untuk mensahkan ini kan hanya ada tinggal dua kali rapat paripurna di september 30 September sudah selesai 1 Oktober sudah dilantik lagi, dilantik lagi anggota baru jangan sampai dilantik anggota baru September harus selesai," ucapnya.

Tambah Marwan dalam Panitia Kerja (panja) RUU Pesantren tak ada lagi perdebatan. Sehingga tidak masalah jika segera disahkan sebelum masa jabatan DPR habis.

"Pasal-pasal disepakati itulah kita tanya pimpinan pesantren pasal-pasal disepakati dipanja ini lah kita tanya ke ormas-ormas udah cocok apa belum," katanya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. RUU Pesantren
  2. DPR
  3. Ormas
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini