Besok, 3 TPS di Kota Malang Gelar Pemungutan Suara Ulang

Rabu, 24 April 2019 10:35 Reporter : Darmadi Sasongko
Besok, 3 TPS di Kota Malang Gelar Pemungutan Suara Ulang KPU Banten Gelar Pemungutan Suara Ulang di 10 TPS. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Malang akhirnya dilakukan di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS), setelah bertambah satu lagi di TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen. Dua TPS sebelumnya yang diputuskan PSU adalah TPS 09 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing dan TPS 14 Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen.

"PSU Kami laksanakan di tanggal 25 April," kata Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zaenudin, Rabu (24/4).

PSU dilakukan setelah proses kajian oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan ditemukan selisih akibat kesalahan administrasi. KPU telah melakukan koordinasi bersama KPPS dan PPS terkait untuk menjalankan rekomendasi tersebut.

"Kami menyiapkan baik personel KPPS, PPS maupun PPK, termasuk kami juga merancang kebutuhan logistik untuk pelaksanaan PSU," tukasnya.

Untuk TPS 09 Bunulrejo dilakukan PSU untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Sementara TPS 14 Penanggungan dilakukan PSU untuk jenis Pemilihan Presiden Wakil Presiden (PPWP) dan DPD. Sedangkan TPS 17 Sukoharjo melakukan PSU untuk Pemilihan Presiden Wakil Presiden, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi.

KPPS atas pengawasan Bawaslu akan melakukan identifikasi calon pemilih PSU di ketiga TPS tersebut. Ketiganya akan diundang kembali berdasarkan DPT dan DPTb.

"Kita identifikasi dengan berkoordinasi bersama Panwas membuka kotak untuk mengambil data terkait pemilih, sehingga bisa diidentifikasi," kata dia.

Zae, demikian biasa dipanggil, mengaku berusaha memotivasi kepada para KPPS, PPS dan lainnya, guna menjaga ritme bekerja. Karena selama PSU masih membutuhkan kerja keras dan profesional dari mereka. KPU juga akan memberikan supervisi selama pelaksanaan PSU.

"Kami meyakinkan kepada TPS ini bahwa PSU itu bukan barang yang menakutkan, karena di situ kami juga melakukan supervisi. Kami akan bentuk tim yang akan mensupervisi TPS tersebut," tegasnya.

Secara teknis, kata Zae, hasil PSU tidak akan mengganggu penghitungan surat suara yang sedang berjalan di PPK. Kalau sudah selesai hasilnya tinggal menambahkan sesuai dengan perolehannya.

Ariyanto Sigit, KPPS TPS 09 Bunulrejo mengaku siap untuk melaksanakan PSU. Ia mengaku masih sehat untuk melanjutkan pekerjaan, dengan kekuatan fisik yang dimilikinya.

"Sudah biasa mas, tidak ada masalah," tegasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini