Hot Issue

Berupaya Mengubah Nasib Guru Honorer

Sabtu, 28 November 2020 08:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Berupaya Mengubah Nasib Guru Honorer demo guru honorer. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah tengah berupaya mengubah nasib guru honorer dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021. Kuota penerimaan guru honorer menjadi PPPK disediakan sebanyak 1 juta.

Menjadi guru PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan bagi para honorer untuk mendapatkan penghasilan yang laik. Pemerintah menyadari pandemi Covid-19 membuat ekonomi masyarakat, tak terkecuali honorer makin lesu.

"Seleksi ini dibuka, karena berdasarkan Data Pokok Pendidikan Kemendikbud memperkirakan bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru, di luar guru PNS yang saat ini mengajar," ujar Mendikbud Nadiem Anwar Makarim saat mengumumkan rencana seleksi guru PPPK 2021, Senin (23/11).

Seleksi PPPK kali ini dapat diikuti oleh seluruh guru honorer, baik di sekolah negeri maupun swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Serta diperbolehkan bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar dapat mendaftar.

Selain kesempatan 'naik kelas', pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) bagi para guru honorer. Kemendikbud telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,6 triliun guna membiayai program ini.

Kriteria yang bisa mendapatkan bantuan ini adalah mereka yang mempunyai penghasilan di bawah Rp5 juta. Bantuan ini dapat diterima bagi guru baik yang bekerja di sekolah negeri maupun swasta.

Kementerian Agama turut mengikuti jejak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi lebih dari 600 ribu guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Kementerian Agama.

Bantuan Subsidi Upah untuk Guru Madrasah Honorer dan GTK Non-PNS diberikan kepada total 637.408 GTK Non PNS, baik guru di madrasah maupun guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum. Kementerian Agama menargetkan BSU akan mulai disalurkan pada akhir November atau paling lambat awal Desember ini.

Baca Selanjutnya: Menengok Peluang Honorer Jadi PPPK...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini