Berubah pikiran, Ahok bakal lanjutkan proyek monorail di Jakarta

Senin, 30 Maret 2015 23:06 Reporter : Fikri Faqih
Berubah pikiran, Ahok bakal lanjutkan proyek monorail di Jakarta ahok di merdeka.com. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Intinya kami menolak mereka memakai lahan Tanah Abang dan Setiabudi


- Basuki Tjahaja Purnama

PT Jakarta Monorail mengirimkan surat kepada Pemprov DKI Jakarta. Surat tersebut untuk menanyakan kelanjutan pembangunan monorail di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan, pihaknya akan membalas surat tersebut. Namun, mereka diminta untuk mencari lokasi baru untuk membangun depo.

"Intinya kami menolak mereka memakai lahan Tanah Abang dan Setiabudi (untuk pembangunan depo), mereka harus cari (lokasi) depo baru," jelas Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/3).

Ahok menambahkan, pihaknya tetap mendukung berlanjutnya pembangunan monorail. Tetapi PT JM harus dapat mencari lokasi baru pembangunan depo. Karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) sudah memberi rekomendasi untuk tidak membangun depo di Waduk Setiabudi.

Alasan tidak memberikan lahan di Setiabudi, sebab dikhawatirkan pembangunan di sana akan menyebabkan Waduk Setiabudi jebol.

"Kalau mereka mau membuka jalur yang sudah ditetapkan, mereka mesti ikut lelang baru. Tapi lelang baru di DKI, enggak ada monorail, hanya ada LRT (light rail transit)," ungkap mantan politisi Gerindra ini.

Padahal sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan untuk menghentikan proyek pembangunan monorail. Keputusan ini diambil usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya udah lapor presiden tadi. Presiden juga mengatakan kalau advice dari KemenPU tidak mungkin membangun Depo di atas Waduk Setiabudi," ungkapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/1).

Dia menjelaskan, PT Jakarta Monorail (JM) merencanakan pembangunan Depo di atas Waduk Setiabudi. Jika mereka tetap ngotot mengajukan usulan tersebut, Ahok akan mengadukannya kepada Jokowi.

"Mereka juga minta Depo di Tanah Abang. Tapi harus memakai pondasi satu ruas jalan, saya enggak setuju kalau seperti itu. Ya pasti kami tolakan," jelas mantan Bupati Belitung Timur ini.

Ahok menegaskan, dirinya sudah membuat surat resmi untuk menolak pembangunan monorail. "Saya udah suruh balas surat. Karena udah dapat rekomendasi dari PU. Minggu depan kami balas," tutupnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini