Bertolak ke Bali, Wapres JK akan buka Indonesia Africa Forum 2018

Selasa, 10 April 2018 07:45 Reporter : Fikri Faqih
Jusuf kalla. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Bali guna membuka Indonesia-Africa Forum di Nusa Dua Convention Center hari ini, Selasa (10/4). Dia lepas landas ke Bali dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat kepresidenan pada pukul 6.30 WIB.

Seperti dilansir dari Antara, setibanya di Bali, Wapres JK beserta rombongan menuju Nusa Dua Convention Center untuk membuka Indonesia Africa Forum (IAF) 2018 dan meninjau Pameran Bisnis Indonesia-Afrika.

IAF merupakan ajang bagi pemerintah dan pelaku usaha Indonesia dan Afrika untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan. Selain itu, peluang investasi dan kerja sama teknis antara Indonesia dengan negara kawasan Uni Afrika.

Total nilai perdagangan Indonesia dengan Afrika pada 2017 mencapai 8,85 miliar dolar AS. Nilai ini tersebut meningkat sebesar 15,49 persen dibanding tahun sebelumnya.

Komoditas yang diekspor ke Afrika antara lain minyak kelapa sawit, tekstil dan produk tekstil, kertas, sabun dan kopi.

Sebelumnya, Sebanyak 46 negara Afrika dipastikan hadir di perhelatan IAF 2018. Jumlah ini dipastikan Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri RI Daniel Simanjuntak. Sejumlah negara yang akan hadir di antaranya Niger, Madagaskar, Nigeria, Maroko, Aljazair, dan Kamerun, dan lainnya.

"Sekitar 46 negara yang sudah dipastikan hadir," ucapnya saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Senin (9/4). [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini