Bertemu Trump, Luhut Klaim AS Apresiasi Kepemimpinan Jokowi dan Penanganan Covid

Selasa, 24 November 2020 16:23 Reporter : Merdeka
Bertemu Trump, Luhut Klaim AS Apresiasi Kepemimpinan Jokowi dan Penanganan Covid Menko Luhut Bertemu Presiden AS Donald Trump. ©2020 Biro Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih pada Selasa (17/11). Dia menceritakan soal pertemuannya dengan Trump pekan lalu.

Luhut mengklaim, AS mengapresiasi banyak hal dari Indonesia. "Salah satu yang diapresiasi adalah kepemimpinan Jokowi dan penanganan Covid-19 yang dianggap sangat bisa untuk dicontoh," kata Luhut dalam webinar CEO Networking, Selasa (24/11).

Selain itu, dari aspek ekonomi, Luhut berbincang soal pemeliharaan sisi fiskal dan moneter Indonesia. Dirinya juga berbincang dengan Wakil Presiden AS Mike Pence soal vaksin.

"Tadi malam kami sudah follow up dengan video call dengan Secretary of Health-nya dia Bob dan dengan Wakil Menteri BUMN Budi Sadikin dan juga BPOM untuk mereka juga untuk membuat Pfizer kerja sama dengan PT Bio Farma kita," ujar Luhut.

Luhut mengungkapkan maksud dan tujuannya datang ke White House yaitu untuk memberikan ucapan terima kasih dari Jokowi terhadap Trump atas kerja sama selama 4 tahun.

"Saya bilang, itu adalah budaya kami menyampaikan rasa terima kasih, penghargaan terhadap teman kerja yang sebentar lagi akan menyelesaikan tugasnya," katanya.

Tak lupa, Luhut juga menyampaikan Jokowi berterima kasih atas kesepakatan Generalized System of Preferences (GSP). Untuk Sovereign Wealth Fund, Luhut bilang Indonesia telah menandatangani kerja sama dengan IDFC dengan nominal USD2 miliar.

Reporter: Athika Rahma
Sumber: Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini