Bertemu Tokoh Adat, Jokowi Cerita Harga BBM dan Semen di Papua

Selasa, 10 September 2019 16:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Bertemu Tokoh Adat, Jokowi Cerita Harga BBM dan Semen di Papua Pertemuan Jokowi dengan Warga Papua di Istana. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo sangat senang dengan bertemunya para tokoh-tokoh adat Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9). Dalam pertemuan tersebut Jokowi sangat tersentuh dengan harapan para tokoh.

Dia menceritakan Indonesia memiliki perbedaan satu sama lain tapi tetap bersatu. Lima tahun menjabat, dia menceritakan sudah 12 kali ke Papua dan Papua Barat.

"Negara ini sangat besar sekali. Perbedaan kita ini sudah jadi garis dari yang di atas. Jadi bayangkan naik pesawat saja 9 jam 15 menit. Bayangkan kalau kita jalan kaki enggak tahu berapa tahun akan sampai. Saya ke Wamena kalau enggak salah 3-4 kali. Kemudian ke Nduga, saya sudah dua kali," kata Jokowi saat menceritakan di hadapan mereka di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Dia bercerita kunjungannya ke toko-toko di Wamena pada malam hari. Saat itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bertanya kepada pemilik toko soal harga bensin. Dia terkejut dengan harga minyak di sana. Sebab harga yang dipatok beragam.

"Saya betul-betul kaget saat itu. Karena enggak, sebelumnya enggak ada info soal itu. Ini satu liter Rp60 ribu. Tapi kalau hujan Rp100 ribu. Itu per liter pak. Saya tanya ulang-ulang, saya kaget betul. Berarti 10 kali lipat," kata Jokowi.

Setelah mengetahui hal tersebut, dia langsung perintahkan menteri agar BBM di Papua diteliti. Tetapi hal tersebut baru dua tahun terealisasi.

"Meski saya tahu di lapangan masih ada yang coba-coba. Meski juga tidak hanya di Papua, tapi di daerah lain. Artinya memang negara ini besar sekali. 17 Ribu pulau, negara mana yang punya pulau sebanyak ini," ungkap Jokowi.

Tidak hanya BBM saja yang langka di Papua, semen pun, kata dia, jarang. Harganya pun beragam mulai dari Rp400 ribu- Rp500 ribu. Hal tersebut juga saat ini sudah turun.

"Sudah turun separuh. Kita usaha terus supaya harga itu bisa (turun)," ungkap Jokowi. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini