Bertemu Jokowi, Menlu RRT Apresiasi Upaya Damaikan Ukraina-Rusia

Senin, 11 Juli 2022 13:51 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bertemu Jokowi, Menlu RRT Apresiasi Upaya Damaikan Ukraina-Rusia Menlu RRT Bertemu Presiden Jokowi. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, (11/7). RRT mengapresiasi Indonesia yang mengupayakan resolusi damai terhadap situasi yang terjadi di Ukraina.

"RRT sekali lagi memberikan apresiasi atas berbagai upaya Indonesia untuk mencoba mencari atau mengupayakan resolusi damai, penyelesaian secara damai terhadap situasi yang sedang terjadi di Ukraina termasuk secara spesifik disebutkan mengenai kunjungan Presiden ke Kyiv dan Moskow," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/7).

Dia menjelaskan, Presiden Jokowi beserta delegasi RRT juga membahas berbagai isu bilateral. Antara lain komitmen Indonesia dan RRT untuk terus meningkatkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan.

Retno menerangkan, pada tahun 2021 perdagangan kedua belah pihak mengalami peningkatan yang sangat signifikan lebih dari 54 persen dan mencapai nilai USD110 miliar. Kenaikan perdagangan ini juga diikuti dengan defisit dari Indonesia yang terus menurun.

"Dan kita lihat akses pasar untuk produk-produk unggulan Indonesia makin lama makin banyak memasuki pasar Tiongkok," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Dia menuturkan, pertemuan tersebut juga membahas mengenai proyek prioritas antara kedua negara, kerja sama di bidang kesehatan, dan dorongan interaksi pihak swasta antara Indonesia dengan RRT.

Di antaranya proyek untuk menyelesaikan kereta cepat Jakarta-Bandung dan kerja sama di bidang kesehatan, termasuk untuk vaksin dan genomic joint laboratorium.

"dan yang terakhir dibahas juga mengenai upaya kedua belah pihak untuk mendorong interaksi yang lebih kuat antara swasta atau private sector kedua belah pihak," ujar Retno.

Lebih lanjut, RRT mengapresiasi pertemuan Menteri Luar Negeri G20 yang digelar di Bali pada Jumat 8 Juli 2022 lalu. Kata dia, RRT menilai pemerintah Indonesia mampu menjalankan kepemimpinannya dengan baik dan bijak di tengah situasi dunia yang penuh dengan tantangan.

"Apresiasi yang tinggi terutama diberikan RRT pada saat pertemuan para Menteri Luar Negeri G20. RRT paham bahwa situasi dunia sedang tidak atau sedang banyak tantangan. Oleh karena itu, Indonesia dinilai berhasil menjalankan kepemimpinannya yang baik dan bijak sehingga pertemuan para Menteri Luar Negeri G20 dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sementara, Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia Lu Kang dan Assistant Minister Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wu Jianghao. [fik]

Baca juga:
Dewas KPK Umumkan Pemberhentian Wakil Ketua Lili Pintauli Siregar
PDIP: JIS Jadi Gelanggang Politik Anies Baswedan Menuju 2024
Kesan Politik Antara Jokowi dan Anies di Momen Iduladha
Anies Baswedan Tak Undang Khusus Jokowi Salat Id di JIS, Ini Penjelasannya
Jokowi: Kurban Bukan hanya Menyembelih Hewan
Salat Iduladha di JIS, Anies Serukan Keadilan Sosial untuk Semua
Momen Jokowi Salat Iduladha Bareng Prabowo di Istiqlal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini